Himbauan Ops Zebra Seligi 2024: Sat Lantas Polresta Barelang Ajak Pengemudi Truk Barang Tertib Berlalu Lintas.


1DETIK.INFO Polresta Barelang – Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polresta Barelang kembali menggelar Operasi Zebra Seligi 2024, dengan fokus utama memberikan edukasi keselamatan berlalu lintas kepada masyarakat. Operasi ini bertujuan menanamkan pentingnya berkendara aman dan sesuai aturan, terutama bagi pengemudi kendaraan berat, seperti truk barang. Sosialisasi ini dilakukan pada Senin (21/10/2024).

Dipimpin oleh Kasat Lantas Polresta Barelang, AKP Afiditya Arief Wibowo, S.I.K., M.H., operasi ini menyasar beberapa perusahaan, antara lain PT Global Project Logistik, PT WSL Batam, dan PT SNEPAC Batam.

Dalam operasi ini, Kasat Lantas dan jajarannya mengedepankan pendekatan preemtif dan preventif, dengan tujuan memberikan sosialisasi keselamatan berlalu lintas.

Kasat Lantas AKP Afiditya Arief Wibowo menjelaskan bahwa pihaknya aktif mengedukasi pengemudi truk dan trailer mengenai rambu-rambu lalu lintas serta tata cara berkendara yang baik di jalan raya.

Selain itu, pihaknya menghimbau para pengemudi untuk memeriksa dan melengkapi kendaraan dengan peralatan keselamatan seperti kotak P3K, segitiga pengaman, lampu rem yang berfungsi dengan baik, serta pelat nomor yang jelas dan sesuai standar.

Sebagai upaya meningkatkan visibilitas dan keamanan di jalan, Sat Lantas memasang stiker Scotchlite berwarna kuning pada bagian belakang kendaraan berat. Stiker ini diharapkan dapat membantu pengendara lain lebih berhati-hati saat berada di sekitar truk dan kendaraan besar lainnya.

Masyarakat dihimbau untuk selalu mempersiapkan kendaraan dengan baik sebelum berkendara, memastikan kendaraan dalam kondisi layak jalan, dan mematuhi peraturan lalu lintas demi keselamatan bersama. Kasat Lantas menegaskan bahwa sosialisasi dan himbauan akan terus diberikan selama Operasi Zebra Seligi 2024, dengan harapan dapat meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas.

“Kami berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk lebih patuh dan tertib dalam berkendara,” ujar Kasat Lantas AKP Afiditya Arief Wibowo, S.I.K., M.H. “Semua elemen masyarakat diharapkan turut serta mematuhi aturan lalu lintas demi keselamatan bersama,” pungkasnya.

(Gultom)

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik