Diduga Terlibat Kasus Pencurian Buah Sawit Sebelum Menikmati Hasil Sudah Tertangkap

Rokan Hulu, 1detik.info –

Seorang oknum polisi di Rokan Hulu (Rohul) Riau berinisial ED (39) Nyaris dihajar warga karena diduga mencuri sawit milik masyarakat di RT 04 RW 02 Dusun Simpang D,Desa Rambah Kecamatan Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu Sabtu (28/9/2024) Malam.


Pelaku ditangkap warga ketika sedang Akan mengangkut buah sawit itu keluar dari kebun, Setelah digiring warga lalu ED diamankan piket Polsek Rambah Hilir dan di bawa ke Polres Rokan Hulu”ujar warga yang ikut mengantarkan pelaku usai kejadian.


Kapolres Rokan Hulu AKBP Budi Setiyono S.IK MH ketika di tanya terkait adanya oknum anggotanya yang diduga melakukan Pencurian sawit milik warga, dirinya mengatakan "Yang bersangkutan sudah kami patsus kan, dan akan kami proses kode etik serta pidananya bang. ED telah diamankan Propam Polres Rohul Saat ini yang bersangkutan telah diamankan oleh Sipropam Polres Rohul dan langsung di bawah pengawasan Wakapolres,”Katanya Senin (30/9/2024).


Beberapa warga yang berdomisili di dusun simpang D Desa Rambah ketika ditemui menuturkan "Bahwa aksi ninja sawit sudah sangat meresahkan bahkan aksi pencurian ini seringkali terjadi, kami petani sudah lama mengeluhkan karena selalu didahului memanen sawit oleh pelaku pencurian atau biasa disebut ninja sawit itu," ujarnya yang diamini puluhan warga saat ditemui wartawan di desanya, Senin (30/9/2024) Siang.


Kejadian bermula ketika warga memergoki pelaku sedang memanen buah kelapa sawit milik warga, mereka menggunakan mobil Suzuki Carry Warna hitam tanpa nomor Polisi,untuk mengangkut hasil curian Sawit tersebut, Setiap kali beraksi biasanya malam hari.


Warga yang geram segera berkumpul dan mengepung pelaku dan hampir saja dihakimi massa,beruntung, pelaku berinisial ED yang merupakan Oknum Personel Polres Rohul berpangkat Bripka itu, berhasil diselamatkan dari amukan massa oleh aparat desa setempat yakni kepada Dusun (Kadus) Bernama Zul sebelum akhirnya dievakuasi ke kantor Polsek Rambah Hilir, namun, massa yang tidak puas hampir saja merusak mobil dan menghajar pelaku, Khawatir situasi semakin tak terkendali, Kepala Dusun I Simpang D Desa Rambah Kecamatan Rambah Hilir segera membawa pelaku ke Polsek Rambah Hilir.


Sesampainya di Mapolsek dengan sigap Ipda Jonnes SH mengamankan pelaku beserta barang bukti berupa mobil Suzuki Carry dan tandan buah sawit “Untuk menghindari tindakan anarkis lebih lanjut, Setelah diamankan, Pelaku kemudian dipindahkan ke Mapolres Rohul untuk pemeriksaan lebih lanjut." Tegasnya.


(Ardi)

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik