Simak Visi Misi dan Program Unggulan Pasangan SANTUN Untuk Fakfak 2024-2029

 

Fakfak.1Detik.Info-

Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Fakfak Samaun Dahlan, S.Sos, M.AP dan Drs.Donatus Nimbitkendik, М.Т, dengan akronim SANTUN mengusung Visi, misi, Program Unggulan dan program Strategis untuk Kabupaten Fakfak periode 2024-2029, yang diperoleh media ini melalui lampiran pengumuman KPU Fakfak tentang hasil penelitian Administrasi Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Fakfak dan ruang tanggapan masyarakat, jumat (13/9). 

Visi, misi, program unggulan dan program strategis SANTUN sebagai berikut ;

Visi

TERWUJUDNYA KABUPATEN FAKFAK YANG MANDIRI, SEJAHTERA, AMAN DAN BERDAYA SAING BERLANDASKAN KEBERAGAMAN.

Misi

1. Meningkatkan dan mengembangkan seluruh potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Fakfak.

2. Menjaga stabilitas politik dan keamanan daerah guna menjamin rasa aman, tenteram, dan nyaman bagi masyarakat.

3. Menyelenggarakan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, dan benar guna mewujudkan kemandirian daerah.

4. Meningkatkan dan mengembangkan pembangunan infrastruktur daerah yang memadai guna menciptakan iklim investasi yang kondusif dan berdaya saing.

5. Menjaga dan melestarikan peninggalan sejarah dan budaya daerah sebagai bagian dari perwujudan keberagaman.

PROGRAM UNGGULAN

1. Program Fakfak Menyala yaitu serangkaian rencana kegiatan/ aksi yang dilakukan secara cermat oleh pemerintah daerah untuk meneruskan/ melanjutkan rencana proyek pembangunan PLTMG di Kampung Kiat, agar bisa mampu melayanii seluruh pelanggan di Kabupaten Fakfak, penyambungan meteran listrik gratis, pemasangan solar cell di kampung-kampung, dan penataan infrastuktur jaringan listrik;

2. Program Fakfak Mengalir yaitu serangkaian rencana kegiatan/ aksi yang dilakukan oleh pemerintah daerah untuk meningkatkan dan mengembangakan sumber air yang dapat melayani kebutuhan air bersih bagi masyarakat di Kabupaten Fakfak;

3. Program Fakfak Cerdas yaitu serangkaian rencana kegiatan/ aksi yang dilakukan oleh pemerintah daerah untuk meningkatkan dan mengembangkan pelayanan pendidikan di Kabupaten Fakfak, Subsidi pendidikan formal dan non formal, beasiswa tingkat pendidikan S1, S2, dan S3, peningkatan sarana dan prasana pendidikan menjadi perhatian utama;

4. Program Fakfak Sehat yaitu serangkaian rencana kegiatan/ aksi yang dilakukan oleh pemerintah daerah untuk meningkatkan dan mengembangkan pelayanan kesehatan di Kabupaten Fakfak. Gratis pelayanan kesehatan dasar, penguatan kapasitas tenaga medis, pencegahan dan penanggulangan stunting dan gizi buruk menjadi prioritas utama, termasuk merevitalisasi RSUD Fakfak;

5. Program Fakfak Kreatif yaitu serangkaian rencana kegiatan atau aksi yang dilakukan oleh pemerintah daerah untuk meningkatkan dan mengembangkan ekonomi kreatif di Kabupaten Fakfak. Peningkatan dan pengembangan UMKM, Bumkam dan koperasi, optimalisasi tata niaga ekonomi kreatif, serta penguatan kapasitas kewirausahaan.

6. Program Fakfak Andalan (Bahagia Petani dan Nelayan) yaitu serangkaian rencana kegiatan/ aksi yang dilakukan oleh pemerintah daerah untuk meningkatkan dan mengembangkan kesejahteraan petani dan nelayan di Kabupaten Fakfak. Penyediaan subsidi dan sarana prasarana pada sektor pertanian, peningkatan produktifitas petani dan nelayan, serta memfasilitasu akses pasar komiditi di sektor pertanian.

7. Program Fakfak Serasi (Wonderful) yaitu serangkaian rencana kegiatan/ aksi yang dilakukan oleh pemerintah daerah sebagai upaya dalam rangka menigkatkan dan mengembangkan potensi wisata di Kabupaten Fakfak.

8. Program Fakfak Bisa (Birokrasi Sejahtera) yaitu serangkaian rencana kegiatan/ aksi yang dilakukan pemerintah daerah sebagai upaya dalam meningkatkan dan mengembangkan kesejahteraan ASN di Kabupaten Fakfak. TPP Tepat Waktu Jumlah akan menjadi program unggulan, selanjutnya tentang tata kelola birokrasi handal dan birokrasi bersih.

9. Program Fakfak Bersih yaitu serangkaian rencana kegiatan/ aksi yang dilakukan oleh pemerintah daerah sebagai upaya dalam meningkatkan dan mengembangkan tata kelola persampahan di Kabupaten fakfak. Di antaranya penguatan manjememn perngelolaan sampah dari hulu ke hilir, peningkatan infrastruktur persampahan dan penguatan pemberdayaan serta peningkatan kesejahteraan petugas kebersihan.

PROGRAM STRATEGIS

1. Program Fakfak Cepat Kelanjutan pembangunan dan peningkatan infrastruktur.

a. Pembangunan Jalan Fakfak - Kaimana

b. Pembangunan dan Peningkatan Jalan Otoweri Tomage

c. Pembangunan Jalan Fakfak - Teluk Bintuni

d. Pembangunan dan Peningkatan Jalan Kinam - Furir- Goras.

e. Pembangunan Jalan ke Patipi Pulau

f. Pembangunan Jalan Danaweria-Nemewikarya Pasirputih

g. Pembangunan Jalan Torea - Murmre (Siboru)

h. Peningkatan Jalan Siboru-Sipatnanam - Telukpatipi

i. Peningkatan Jalan Fakfak - Waserat

j. Peningkatan Jalan Waserat - Sanggram

k. Peningkatan Jalan Sanggram - Weri

l. Peningkatan Jalan Weri - Nusalasi

m. Peningkatan Jalan Nusalasi - Karas

n. Peningkatan Jalan Tetar - Timar

o. Pembangunan Jalan ke Kampung Mandoni

p. Peningkatan Jalan Kokas - Batufiafas - Patimburak

q. Peningkatan Jalan Kinam - Batufiafas

r. Peningkatan Jalan di Distrik Bomberay

s. Peningkatan Jalan ke Kampung Goras Distrik Mbahamdandara

t. Peningkatan Jalan ke Distrik Furwagi

u. Peningkatan Jalan Torea - Werba - Siboru

v. Peningkatan Jalan Funimber - Kokas

w. Revitalisasi RSUD Fakfak

2. Program Fakfak Kencang yaitu serangkaian rencana kegiatan/aksi yang dilakukan oleh pemerintah daerah dalam upaya membuka isolasi jaringan telekomunikasi di era 4.0, yaitu kencang signalnya, gratis internetnya.

3. Program Fakfak Rukun (Rumah Layak Huni) adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah daerah dalam upaya peningkatan dan pengembangan rumah sederhana layak huni terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

4. Program Fakfak Nyaman adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah daerah dalam upaya peningkatan dan pengembangan ruang terbuka hijau, penyediaan fasilitas umum ramah difabel, penyediaan fasilitas khusus bagi ibu dan anak.

5. Program Kampung Berdaya yaitu serangkaian rencana kegiatan/aksi yang dilakukan oleh pemerintah daerah dalam upaya pengembangan potensi ekonomi setiap kampung. Satu kampung satu produk (One Village One Product) akan lebih ditingkatkan dan dikembangkan, penyediaan sarana dan prasarana pelayanan dasar, penataan administrasi kampung.

6. Program Pala Unggul yaitu serangkaian rencana kegiatan/aksi yang dilakukan oleh pemerintah daerah dalam upaya penataan sistem tata niaga pala, industri pengolahan pala dan pemanfaatan teknologi tepat guna.

7. Program Fakfak Berinvestasi yaitu serangkaian rencana kegiatan/aksi yang dilakukan oleh pemerintah daerah dalam upaya memfasilitasi percepatan pembangunan PSN Pupuk Fakfak, memperluas kemitraan investasi dan memperkuat infrastruktur menunjang investasi yang akan hadir di Kabupaten Fakfak.(Ar) 

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik