Sesalkan Logistik Pilkada Masuk Tanpa Pemberitahuan, Ini Sikap Bawaslu Fakfak

 

Fakfak.1Detik.Info-

Ketua Bawaslu Kabupaten Fakfak, Arifin Takamokan menyesalkan sikap KPU Kabupaten Fakfak yang tidak menyampaikan pemberitahuan terkait kedatangan sebagian logistik Pemilihan Kepala Daerah serentak 2024 di Kabupaten Fakfak.

Hal tersebut Dia sampaikan kepada awak media di sela-sela Rapat Koordinasi Kelembagaan bersama Panwas Distrik se-Kabupaten Fakfak, selasa (17/9) siang di Hotel Grand Papua. 

Menurutnya, Logistik Pemilu merupakan hal yang sangat penting dalam penyelenggaraan Pemilu maupun Pilkada sehingga butuh pengawasan Bawaslu. 

"Baru saja diinformasikan dari staf KPU kepada Bawaslu bahwa logistik pemilu berupa tinta sudah ada. Bawaslu sangat menyayangkan teman-teman penyelenggara KPU yang tidak menyampaikan pemberitahuan terkait hal ini."ujar Arifin penuh sesal. 

"Logistik pemilu merupakan hal yang sangat prinsip dalam pemilihan kepala daerah tahun 2024 ini. Dibeberapa waktu sebelumnya itu kami sudah sampaikan terutama evaluasi dari pemilu kemarin. Sudah kami menyampaikan tetapi lagi-lagi hari ini logistik masuk di Fakfak, Bawaslu tidak diberitahukan kapan logistik itu datang. Logistik sebelum datang harusnya sudah disampaikan satu hari sebelumnya. Kita juga harus tahu penyedianya dan juga harus melibatkan media."tambahnya.

Dia menegaskan, tahapan pilkada mesti dilakukan secara terbuka kepada publik. 

"Kita harus transparan dalam semua proses. Mulai dari proses awal sampai termasuk proses logistik. Logistik ini bukan milik penyelenggara tetapi milik seluruh rakyat karena hajat pemilu ini hajat rakyat sehingga publik harus tahu." tegasnya. 

Terhadap persoalan tersebut, Arifi mengatakan akan memanggil KPU Fakfak untuk dimintai klarifikasi. 

"Tim sudah kami utus untuk melakukan pengawasan dan setelah ini hal lain yang akan Bawaslu lakukan adalah pemanggilan klarifikasi kepada KPU." tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris KPU Fakfak, M. Ikhsan Payapo, yang dihubungi media ini via pesan Whatshap membenarkan kedatangan sebagian lostik pemilu tersebut. Namun kata dia, logistik Pilkada tersebut masuk melalui pihak penyedia yang dikirim langsung ke KPU. 

"Logistik dari penyedia langsung ke KPU."ujarnya singkat melalui pesan Whatshap. 

Dari informasi yang dihimpun media ini, diketahui , sebagian logistik pilkada yang telah tiba di Fakfak berupa Tinta sebanyak 9 box yang berisi 432 botol dan kabel Ties berjumlah 17 kotak atau sebanyak 3216 buah. (Ar) 





0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik