Mantan Kadishub Kota Siantar Terlibat Curanmor

Pematang Siantar, 1detik.info -

Kapolsek Tanah Jawa Kompol Asmon Bufitra SH mengonfirmasi Viktor merupakan pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS), dan tercatat sebagai warga Jalan Bahagia Kelurahan Kristen Kecamatan Siantar Selatan 


Kota PematangSiantar,Penangkapan terhadap Viktor berdasarkan Laporan Polisi Nomor LP/B/253/IX/2024/Polsek Tanah Jawa/Polres Simalungun/Polda Sumatera Utara, yang dilaporkan tanggal 22 September 2024.


Curanmor terjadi Sabtu (21/9) sekitar pukul 20.15 WIB di depan grosir Pak Sirait, di Rintis IX Balimbingan Nagori Balimbingan Kecamatan Tanah Jawa. Korban, AS (40), seorang wiraswasta, warga Nagori Balimbingan Kecamatan Tanah Jawa.


Malam itu, AS tengah berbelanja di grosir dan memarkirkan sepeda motor miliknya, Yamaha NMAX hitam aksen putih dan kuning BK 6529 WAH, di depan toko grosir. Ternyata korban meninggalkan kunci kontak tetap melekat di sepeda motornya. Tidak lama setelah keluar dari grosir, AS menyadari sepeda motornya telah hilang. Berdasarkan informasi di lokasi kejadian, diketahui sepeda motor AS dibawa seorang.


Pria yang mengenakan jaket ojek online, Menyadari sepeda motornya telah dicuri, AS bersama saksi segera melakukan upaya pencarian dan mengejar pelaku, Akibat kejadian tersebut, AS mengalami kerugian materil Rp20 juta.


Tak lama, AS menemukan sepeda motor miliknya beserta pelaku di area sekitar tempat kejadian. Pelaku bernama Viktor Sirait, seorang pensiunan PNS,  Selanjutnya Viktor Sirait beserta sepeda motor yang menjadi barang bukti dibawa ke Polsek Tanah Jawa, untuk diamankan dan diproses lebih lanjut.


Kapolsek Tanah Jawa Kompol Asmon Bufitra menjelaskan, Viktor Sirait diduga melakukan aksi pencurian dengan memanfaatkan situasi kunci kontak sepeda motor korban yang masih melekat pada kendaraan, Dengan cepat dan tanpa disadari pemiliknya, Viktor membawa kabur sepeda motor tersebut.


Modus operasi pelaku dalam kasus ini adalah memanfaatkan kelengahan korban yang meninggalkan kunci kontak di sepeda motornya. Dengan cara ini, pelaku dengan mudah mengambil sepeda motor milik korban dan membawanya kabur," jelas Asmon.


Asmon mengapresiasi kecepatan dan ketepatan tindakan korban dan saksi dalam melakukan pengejaran terhadap pelaku. Hal ini membantu pihak kepolisian menangkap pelaku lebih cepat dan mengamankan barang bukti sepeda motor Yamaha NMAX hitam dengan les putih kuning BK 6529 WA.


Mantan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Pematangsiantar Viktor Sirait (67) menjadi tersangka pencurian sepeda motor (curanmor), di Nagori Balimbingan Kecamatan Tanah Jawa Kabupaten Simalungun, Ia ditangkap Minggu (22/9) dini hari.


Kapolsek Tanah Jawa Kompol Asmon Bufitra SH mengonfirmasi Viktor merupakan pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS), dan tercatat sebagai warga Jalan Bahagia Kelurahan Kristen Kecamatan Siantar Selatan Kota Pematangsiantar.


Penangkapan terhadap Viktor berdasarkan Laporan Polisi Nomor LP/B/253/IX/2024/Polsek Tanah Jawa/Polres Simalungun/Polda Sumatera Utara, yang dilaporkan tanggal 22 September 2024.


Curanmor terjadi Sabtu (21/9) sekitar pukul 20.15 WIB di depan grosir Pak Sirait, di Rintis IX Balimbingan Nagori Balimbingan Kecamatan Tanah Jawa. Korban, AS (40), seorang wiraswasta, warga Nagori Balimbingan Kecamatan Tanah Jawa.


Tak lama, AS menemukan sepeda motor miliknya beserta pelaku di area sekitar tempat kejadian. Pelaku bernama Viktor Sirait, seorang pensiunan PNS. Selanjutnya Viktor Sirait beserta sepeda motor yang menjadi barang bukti dibawa ke Polsek Tanah Jawa, untuk diamankan dan diproses lebih lanjut.


"Kami juga berterima kasih kepada korban dan saksi yang dengan sigap melakukan pengejaran terhadap pelaku sehingga memudahkan petugas dalam menangkap tersangka," tambahnya.


Selain itu, Asmon memastikan pelaku akan diproses sesuai hukum yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


"Tersangka Viktor Sirait akan kami tindak tegas dan diproses sesuai ketentuan hukum yang berlaku. Kami berharap kasus ini dapat menjadi pelajaran bagi masyarakat untuk lebih waspada dan berhati-hati dalam menjaga barang-barang miliknya, terutama kendaraan bermotor," tegas Asmon.


"Kasus pencurian ini menjadi pengingat penting bagi masyarakat agar selalu waspada dan berhati-hati saat memarkirkan kendaraannya, terutama di tempat umum. Asmon juga mengimbau masyarakat untuk tidak meninggalkan kunci kontak pada kendaraan saat diparkir guna menghindari risiko pencurian. Kami mengimbau masyarakat agar selalu berhati-hati dan waspada. Jangan pernah meninggalkan kunci kontak di kendaraan saat diparkir, terutama di tempat umum," Pesannya. 


(Donny)

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik