Kapolres Pematangsiantar Pimpin Rakor dan Deklarasi Pilkada Damai

Pematang Siantar, 1detik.info -

Dalam gelar Ops Mantap Praja Toba 2024, Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno S.Ik. MH pimpin Rapat Koordinasi serta Deklarasi dan Penandatanganan Ikrar Pilkada Damai. 


Pemilihan Walikota-Wakil Walikota Pematangsiantar 2024 di Convention Centre Siantar Hotel Kota Pematangsiantar, Senin 24 September 2024 sekira pukul 14:00 WIB

Kapolres dalam sambutannya mengatakan.


Seperti kita ketahui bersama, kemarin Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melaksanakan pengundian nomor urut bagi pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Pematangsiantar untuk Pilkada tahun 2024,"


Pagi hari ini, KPU juga telah menggelar Deklarasi Kampanye Damai untuk Pilkada Serentak 2024.


Polres Pematangsiantar turut melaksanakan kegiatan ini dengan tujuan bersama untuk menciptakan suasana Pilkada yang aman dan damai.


Tanggung jawab keamanan menjadi bagian dari tugas kami Polres Pematangsiantar, yang akan bekerja sama dengan rekan-rekan dari TNI untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas, red) selama proses Pilkada Serentak ini.


Deklarasi Kampanye Damai ini dilaksanakan dengan komitmen yang kuat dari semua pihak. Kami semua sepakat Pilkada di Pematangsiantar harus berlangsung dengan baik, aman, dan tertib.


Saya berharap pelaksanaan deklarasi ini tidak hanya menjadi formalitas, tetapi harus menunjukkan sinergi antara KPU, Kepolisian, dan TNI untuk menciptakan suasana damai selama Pilkada berlangsung,

Ujar AKBP Yogen Heroes Baruno.


Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Pematangsiantar Junaedi Sitanggang S.STP. M.Si menyampaikan, "kami telah menetapkan zona kampanye sebagai dasar penempatan alat peraga kampanye, dengan tetap mengedepankan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Pematangsiantar. 


Penetapan zona ini dilakukan untuk memastikan bahwa kegiatan kampanye berjalan sesuai aturan dan tidak mengganggu ketertiban umum.


Selain itu, kami juga telah melaksanakan ikrar netralitas bagi ASN sebagai langkah preventif guna mencegah atau meminimalisir risiko pelanggaran yang dapat terjadi selama tahapan Pemilu Damai tahun 2024.


Ikrar ini diharapkan dapat memperkuat komitmen ASN dalam menjalankan tugasnya secara profesional dan tidak terlibat dalam politik praktis, sehingga tercipta suasana pemilu yang jujur, adil, serta transparan,

Ujar Junaedi.


Ketua KPUD Kota Pematangsiantar Isman Hutabarat S.Sos, "kami KPU Pematangsiantar  telah melakukan pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon. Pada tahapan tersebut sudah kita laksanakan masing-masing paslon sudah memiliki nomor urut.


Tahapan selanjutnya adalah tahapan kampanye yang akan dimulai pada tanggal 25 September – 23 November 2024 agar masyarakat kota Pematangsiantar melaksanakan deklarasi dengan jujur.


Deklarasi ini bertujuan menciptakan  situasi damai seperti tahapan pemilihan kemarin. Saya berharap dalam menyambut tahapan kampanye ini agar mendukung untuk  kemajuan Kota Pematangsiantar.


Harapan yang sama dari Ketua Bawaslu Kota Pematangsiantar Nanang Wahyudi Harahap, Ia menyampaikan dan mengingatkan kembali tentang pengalaman Pilkada tahun 2020 lalu.


Pasangan calon berjalan dengan damai, Harapan kita tahun ini proses Pilkada juga berjalan dengan damai, Saya melihat perjalanan dari awal hingga penetapan pasangan calon semuanya berlangsung aman dan lancar. 


Saya telah menyaksikan ikrar Pilkada damai yang menunjukkan kota Pematangsiantar semakin toleran. Harapan saya, sampai akhir Pilkada, Pematangsiantar dapat terus menjaga kedamaian. Deklarasi Pilkada Damai ditandai dengan Pelepasan Burung Merpati dan Balon sebagai Tanda Pilkada Damai 2024.


Terlihat hadir bersama Kapolres Pematangsiantar, Dandim 0207/Simalungun Letkol (Inf) Slamet Faojan M.Han. Para PJU Polres Pematangsiantar. Perwakilan Kejaksaan Negeri Pematangsiantar. Kemudian Perwakilan Pengadilan Negeri Pematangsiantar, para Camat/Lurah,Timses masing masing Calon Walikota dan Wakil Walikota Pematangsiantar, tamu dan undangan lainnya.


(Donny)

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik