Dipertanyakan, Penggunaan Dana Desa Kebun Perlabean TA.2023/2024

Labuhan Batu Selatan, 1detik.info -

Penggunaan anggaran dana desa kebun perlabean, Kecamatan kampung rakyat, Kabupaten Labuhan Batu Selatan Provinsi Sumatera Utara pada tahun anggaran(TA) 2023/2024 dipertanyakan.


Dimana hasil investigasi dan sosial control team media Satu Detik info , saat pada di desa kebun perlabean terdapat beberapa kejanggalan dan dugaan Mark-Up nya terkait penggunaan serta pembelanjaan barang dan jasa yang di lakukan oleh pihak kepala desa, sehingga disinyalir dampak menguntungkan pribadi.(02/09/2024).


Yang mana pihak kepala desa telah melakukan pembelanjaan dan menggunaan dana desa TA 2023 pada subbidang ketahanan pangan dengan pembelian 5 ekor lembu dan 40 ekor kambing dengan menghabiskan anggaran dana desa sebesar Rp.151.725.000. serta yang mana pihak kepala desa juga melakukan pembelanjaan dengan pembelian bibit buah-buahan dan bibit palawija kemasan yang menghabiskan anggaran sebesar Rp.71.250.000.


Lanjut pada TA 2024. Yang mana pihak kepala desa kebun perlabean melakukan pembelanjaan dengan pembelian bibit bebek sebanyak 1000 ekor, dengan menggunakan anggaran dana desa sebesar Rp.104.630.000.


Sehingga dalam hal ini team media Satu Detik info melanjutkan menanyakan dan mencari informasi ke beberapa perangkat desa, seperti kaur kesra, kepala dusun dan beberapa warga desa kebun perlabean.


"Seingat aku ya bang pada tahun 2023 pihak desa ini beli lembu cuma 5 ekor, tapi lembu yang di beli 2 ekor lembu induk dan 3 ekor lembu dere. bahkan sampai saat ini lembu yang dere itu belum juga melahirkan kan bg. Kalau soal beli kambing yang tahun 2023 itu bang. hingga saat ini kambing nya pada bermatian bang. Gimana coba nggak mati bang. Kambing yang di beli desa itu seperti kambing yang baru lepas menyusui." Pungkas pak kadus sambil tersenyum.


"Tak hanya itu. Kepala dusun juga menjelaskan terkait soal pembelian bibit bebek yang di lakukan pihak desa kebun perlabean pada tahun 2024 kepada media Satu Detik info  kalau nggak salah aku ya bang, beli bibit bebek itu bang sebanyak 1000 ekor. Karena untuk dusun ku aja bang 300 ekor, sisa nya 100 ekor perdusun bang dari 7 dusun lagi," ujarnya.


Ditempat terpisah, yang mana salah satu perangkat desa kebun perlabean juga menjelaskan kepada team media satu detik info terkait pihak desa melakukan pembelian bibit palawija pada tahun 2023. " Seingat saya bang, pihak desa beli bibit palawija itu macam-macam bang. beli bibit buah-buahan entah beberapa polibet dan beli bibit cabe yang pake kemasan gitu," ujarnya lagi.


Dalam hal ini yang mana team media satu detik info , menduga adanya korupsi atau mengambil suatu keuntungan pribadi yang dilakukan oleh pihak kepala desa kebun perlabean sehingga merugikan keuangan negara.


Maka demikian dengan melalui pemberitaan media satu detik info  yang mana pihak penegak hukum agar memanggil dan melakukan pemeriksaan terhadap pihak kepala desa kebun perlabean. sehingga dugan korupsi yang dilakukan pihak kepala desa agar di proses sesuai hukum yang berlaku.


(Indra)

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik