Aksi Unjuk Rasa Geprek: Ribuan Pemuda Karawang Desak Pemerintah Sediakan Lapangan Kerja

 

Karawang, 1 detik.info -

Jelang aksi damai yang direncanakan pada akhir September 2024, Ketua Umum Gerakan Remaja Pengangguran Karawang (GEPREK), Endang Macan Kumbang, mengadakan pertemuan terbatas di Kampung Wisata Pelangi Cibanteng, Desa Mulyajaya, Kecamatan Kutawaluya, Kabupaten Karawang, Kamis (5/9/2024).


Dalam pertemuan tersebut, dibentuk koordinator kecamatan yang dihadiri perwakilan pemuda dari seluruh kecamatan di Karawang. Aksi ini dipicu oleh sulitnya mendapatkan pekerjaan di Karawang, terutama bagi pribumi. GEPREK sebelumnya telah melakukan aksi ke pemerintah daerah dan instansi terkait untuk memperjuangkan peluang kerja bagi warga lokal.


Endang Macan Kumbang menegaskan komitmen GEPREK dalam memperjuangkan hak-hak pengangguran Karawang. “Kami akan berusaha membantu komunikasi antara para remaja yang tergabung di GEPREK dengan pemerintah serta perusahaan-perusahaan di Karawang,” ujarnya tegas.


Selain itu, Endang juga mengkritik sistem lamaran online yang dinilai tidak efektif. “Kita juga akan meminta untuk dihapuskan sistem melamar online. Menurut kami, sistem tersebut tidak berfungsi dengan benar. Pada kenyataannya, hasilnya tidak sesuai harapan. Jadi, kami merasa sistem ini tidak efektif,” katanya.


Rencana aksi damai yang akan digelar di akhir September 2024 ini diperkirakan melibatkan 15 ribu massa. “Aksi damai ini akan diikuti 15 ribu pengangguran yang akan mengepung kantor Pemda Karawang atau bahkan Kawasan Industri, sampai aspirasi kami didengar,” lanjut Endang.


Endang juga memaparkan bahwa tingkat pengangguran di Karawang mencapai hampir 20 persen dari jumlah penduduk, yang setara dengan 400 ribu orang. “Dari mulai lulusan sekolah dasar hingga pendidikan non formal, real di lapangan 20 persen dari jumlah penduduk,” jelasnya.


Mengakhiri pernyataannya, Endang memastikan bahwa aksi damai ini murni berdasarkan kepedulian terhadap remaja Karawang. “Aksi ini sama sekali tidak ada urusan politik. Ini murni dari hati yang tulus karena anak muda pribumi Karawang susah mendapatkan pekerjaan yang layak di tanah kelahirannya,” pungkasnya.


(Siti Idawati)

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik