3 Begal Bersajam Rampas Motor Pelajar di Simalungun, 2 Ditangkap

Simalungun, 1detik.info -

Tiga pelaku begal bersenjata tajam merampas sepeda motor seorang pelajar di Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara (Sumut). Dua dari ketiga pelaku telah ditangkap.


Kasat Reskrim Polres Simalungun AKP Ghulam Yanuar Luthfi mengatakan peristiwa itu terjadi di jalan umum di dekat lapangan golf Bah Jambi, Nagori Bah Jambi, Kecamatan Jawa Maraja Bah Jambi.


Kamis (15/8) sekira pukul 21.00 WIB. Lalu, kedua pelaku ditangkap pada Sabtu (7/9) dini hari. Keduanya, yakni Dharma Pangestu (29) dan Wandika Rifai (21).


Sekira pukul 00.30 WIB, kedua pelaku diamankan di dalam rumah kontrakan pelaku Wandika di Pematangsiantar beserta barang bukti sebilah parang, Kata Ghulam, Minggu 8/9/2024.


Ketua Gerindra Sumut Puji Kapolda Tindak Tegas Kejahatan di Medan Utara, Ghulam mengatakan peristiwa itu berawal saat korban tengah mengendarai sepeda motor miliknya dari arah Bah Jambi menuju Nagori Bangun. 


Setibanya di lokasi kejadian, korban dipepet oleh para pelaku dan menyuruh korban untuk berhenti. Namun, saat itu, korban menolak berhenti dan terus mengendarai sepeda motornya. Lalu, para pelaku menendang sepeda motor korban hingga membuat korban terjatuh.


Kemudian, ketiga pelaku mengancam korban menggunakan sebilah parang. Korban yang ketakutan langsung melarikan diri menuju perkebunan sawit yang berada di lokasi dan meninggalkan sepeda motornya.


Para pelaku mengancam korban dengan sebilah parang hingga korban melarikan diri ke dalam perkebunan kelapa sawit dan meninggalkan motornya yang kemudian sepeda motor tersebut dibawa oleh para pelaku.


Setelah kejadian itu, keluarga korban membuat laporkan ke Polsek Tanah Jawa pada 8 Agustus 2024. Pihak kepolisian yang menerima laporan itu lalu memburu para pelaku hingga mengamankan dua di antaranya,


Berdasarkan pengakuan kedua pelaku. Aksi tersebut dilakukan mereka bersama seorang temannya bernama Fahrul (21), Ghulam menyebut pihaknya masih memburu pelaku Fahrul. "Kedua pelaku tersebut menjual motor korban kepada seorang laki-laki yang diketahui bernama Hendrik," kata Ghulam.


Dari hasil penyelidikan, kata Ghulam, para pelaku ini juga telah melakukan aksi kejahatan serupa di wilayah Simalungun. Peristiwa itu terjadi pada Selasa 13/8/2024. Sekira pukul 06.40 WIB di jalan umum Nagori Ambarisan, Kecamatan Sidamanik dan Senin (19/8) pagi di Nagori Mekar Sari Raya, Kecamatan Panei.


"Saat ini, kedua pelaku sudah diamankan di Unit I Jatanras Polres Simalungun untuk proses sidik dan pengembangan ke kasus lainnya," pungkasnya.


(Donny)

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik