Venue Tinju PON XXI 2024 Yang Diadakan di GOR Pematangsiantar Terkesan Dipaksakan, Kenapa?

Pematangsiantar, 1detik.info

Kota Pematangsiantar yang dihunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan PON XXI 2024 Wilayah Sumatera Utara, hal ini merupakan 1 prestasi yang patut dibanggakan oleh Kota Pematangsiantar, hal ini mendapat dukungan khususnya Ketua Cabang Pertina.


Pematangsiantar Pangeran Harahap namun didalam penentuan venue PON tersebut Pangeran Harahap menyatakan dengan tegas bahwa lantai V GOR Pematangsiantar yang menjadi venue event tersebut masih dalam tahap pembangunan dan sangat tidak layak.


Untuk dijadikan venue sesuai dengan standar International Boxing Association (IBA) Sampai sejauh ini Pangeran Harahap selaku ketua Pertina Pematangsiantar merasa seperti ada sesuatu dengan Pemko Siantar.


Hal ini dikarenakan venue cabor tinju PON XXI 2024 yang perhelatan nya diadakan di Kota Pematangsiantar terkesan dipaksakan jadi membuat pertanyaan bahkan dikalangan masyarakat, 

Ayo mengapa ????


"Kenapa dipaksakan pada tempat yang belum selesai dan belum dilakukan uji kelayakan dan penilaian atas kesiapan gedung tersebut, jadi curiga kita ini ada apa apanya” ujarnya. Marilah kita hargai pencapaian kota kita ini ,yang telah mendapat kehormatan menjadi tuan rumah PON XXI cabor tinju, sudah lama bahkan puluhan tahun kita masyarakat Siantar mendambakan menjadi tuan rumah ajang olahraga tingkat nasional,Jadi sangat miris sekali kalau kita melaksanakan ajang kehormatan ini dengan tidak profesional, sekali lagi jangan kita buat malu kota Siantar ini, dan mari kita tunjukkan bahwa kita bisa menjadi tuan rumah yang baik" Ujarnya.


Sejatinya kota Pematangsiantar adalah tempat melahirkan para petinju profesional, marilah kita bersama sama menyukseskan event tinju PON XXI Aceh -Sumut ini.


Maka, untuk mengantisipasi segala hal hal yang tidak diinginkan terjadi, kami Pengurus Pertina mulai dari pusat hingga daerah meminta pemerintah kota Pematangsiantar harus segera menetapkan venue alternatif untuk Pon XXI cabor tinju tersebut.


Dimana venue alternatif tersebut adalah auditorium gedung universitas Nomensen Pematangsiantar, semua pihak yang berpartisipasi dalam mempersiapkan kota Siantar sebagai tuan rumah Pon XXI agar semaksimal mungkin bekerjasama mempersiapkan segala kelengkapan venue alternatif tersebut.


Ketua Pengprov Pertina Sumut Sabam Malau dan Pengurus Pusat Pertina yang diwakili langsung oleh TD Cabor Tinju (Technical Delegate), sudah pernah melakukan evaluasi/ peninjauan langsung terhadap lokasi venue cabor tinju di gedung merdeka/GOR Siantar pada tanggal 10 Juni 2024. Dari hasil peninjauan tersebut menyimpulkan bahwa GOR Pematangsiantar belum layak dijadikan tempat Venue PON XXI 2024 hal ini dikarenakan banyak faktor yang tidak mendukung seperti ,GOR Pematangsiantar tidak memenuhi standarisasi Asosiasi Tinju Internasiaonal (IBA).


Dari faktor Keselamatan Jalur Evakuasi dari lantai IV menggunakan tangga manual serta lift pengunjung juga belum dapat dipastikan berapa ukuran nya. Posisi Ambulance Standby berada di parkiran bawah sehingga jarak nya dengan Ring Pertandingan terlalu jauh.


Dikarena kan gedung masih dalam tahap pengerjaan jadi belum dilakukan uji kelayakan kembali atas kualitas Gedung GOR Pematangsiantar dimana diperkirakan 1000an lebih pengunjung termasuk atlit dan official.


Dan dari hasil peninjauan tersebut PP Pertina Pusat telah mengeluarkan surat kepada PP KONI tanggal 23 Juli 2024 dengan No 02/TD/PON.XXI/PERTINA/VII /2024, tentang rekomendasi usulan venue pengganti GOR Pematangsiantar dari cabor tinju PON XXI 2024 Aceh-Sumut di Kampus Universitas Nomensen Pematangsiantar.


Dari hasil rekomendasi usulan PP Pertina tersebut PP KONI pusat langsung mengeluarkan surat yang dikeluarkan tanggal 26 Juli 2024 melalui surat no.1017/BPP/VII/2024 dimana dalam surat twrsebut PP KONI Pusat meminta PB PON XXI/2024, wilayah Sumut agar segera meninjau kembali venue alternatif pengganti GOR yakni gedung auditorium kampus universitas Nomensen.


Pengurus Pusat Pertina, Mayjend TNI (Purn) DR. Komaruddin Simanjuntak, S.IP, M.Sc dan Pengurus Pertina Provinsi Sumatera Utara Sabam Manalu, S.E., M.A.P. serta Pangeran Harahap selaku ketua Pengcab Pertina Pematangsiantar juga mengharapkan agar meninjau kembali venue GOR Pematangsiantar dan meminta dengan tegas agar semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan PON XXI Cabor Tinju agar melaksanakan tugas dan tanggung jawab nya dengan baik dan benar sebab hal ini merupakan satu kebanggaan bagi kota Pematangsiatar yang dihunjuk sebagai tuan rumah cabor tinju PON XXI 2024 untuk itu meminta dengan sangat agar walikota Pematangsiantar Dr.Susanti terus memantau perkembangan dan melihat dengan jelas hal hal yang sangat diperlukan untuk mensukseskan perhelatan tersebut dan diharapkan agar jangan kiranya ada pihak pihak yang mencoba mengambil keuntungan pribadi ataupun kelompok.


(Donny)

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik