Tinggalkan Samaun Usung Uta'yoh, Golkar Khianat Keputusan Sendiri ?

 

Fakfak.1Detik.Info-

Partai Golongan Karya (Golkar) Kabupaten Fakfak akhirnya menambatkan dukungan politiknya pada Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati petahana Kabupaten Fakfak, Untung Tamsil dan Yohana Dina Hindom (akronim Uta'yoh), setelah DPP Partai berlambang beringin itu menyerahkan rekomendasi B persetujuan parpol KWK kepada Utayoh. 

Dukungan Partai yang baru saja memiliki nahkoda baru di DPP, Bahlil Lahadalia kepada Uta'yoh, cukup mengagetkan publik. Pasalnya, jauh sebelum tahapan pilkada serentak 2024 bergulir, DPD Partai Golkar Kabupaten Fakfak telah menyatakan sikap mengusung Samaun Dahlan di Pilkada tahun 2024.

Bukan pura-pura sikap Golkar terhadap Samaun Dahlan. Konon kabarnya, keputusan mengusung Mantan Kepala Dinas PUPR era Bupati Mohamad Uswanas ini, lahir melalui forum tertinggi Partai Golkar di tingkat Kabupaten. 

Alih-alih mengusung Samaun, Golkar malah berpaling mengusung Uta'yoh. Ibarat kacang lupa kulit, Golkar mencampakan orang yang pernah habis-habisan memberikan kontribusi bagi nama besar Partai berlambang beringin tersebut. 

Sebut saja, peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Partai Golkar ke-59 tahun di Kabupaten Fakfak pada Oktober 2023 silam, Samaun habis-habisan memberikan sokongan terhadap kegiatan tersebut, yang pernah diberitakan media ini. 

"Doorprize ada motor yamaha, mesin cuci, kulkas dan juga 500 paket sembako disiapkan oleh pak Samaun. Terima kasih" ujar Ketua DPD Golkar Siti Rahma Hegemur, yang juga selaku Ketua DPRD Fakfak, pada waktu peringatan HUT ke-59 Partai Golkar di Taman Satu Tungku Tiga Batu, sabtu (28/10/2023). 

Tak sampai disitu, DPD Golkar Kabupaten Fakfak pula yang melakukan peminangan terhadap Donatus Nimbitkendik untuk berpasangan dengan Samaun Dahlan di Pilkada Fakfak. Proses peminangan tersebut, dilakukan Ketua DPD Golkar Fakfak, Siti Rahma Hegemur, di kediaman Donatus di Kampung Gewerpe Distrik Fakfak. 

Bahkan hasil peminangan tersebut, diumumkan secara resmi melalui konferensi pers, di kediaman Ketua DPD Golkar di Jl. Nuri dalam, kelurahan Wagom Distrik Pariwari. 

Jika benar keputusan mengusung Samaun di pilkada Fakfak lahir melalui forum pengambil keputusan tertinggi di tingkat kabupaten maka Golkar bisa saja dinilai tidak konsisten dan menghianati keputusan sendiri. 

Sementara itu, Untung Tamsil di sela-sela proses pendaftaran di KPU Fakfak, rabu (28/8), saat ngobrol dengan awak media terkait usaha dirinya memperoleh rekomendasi Parpol, khususnya Partai Golkar mengaku jika dirinya juga turut berproses guna memperoleh rekomendasi Parpol tersebut. 

Bahkan Kata Bupati Petahana yang memenangkan pilkada Fakfak tahun 2020 melalui jalur perseorangan ini, salah satu pertimbangan rekomendasi Golkar jatuh ke tangannya karena diunggulkan melalui hasil survei. 

"Saya ikuti proses. Jadi ada 3 nama yang muncul salah satunya saya. Nama saya juga tercatat di DPP Golkar. Hasil survei yang dilakukan lembaga survei, saya lebih tinggi dari pak Samaun." ujarnya. 

Pantaua media ini, Pendaftaran Pasangan Utayoh hari ini di KPU Fakfak di antar pimpinan Parpol pengusung termasuk juga Ketua dan Sekretaris DPD Golkar Fakfak, Siti Rahma Hegemur dan Suriadi nampak hadir dalam rombongan tersebut. (Ar) 


0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik