Tahapan Pendaftaran Ditutup, Santun-Utayoh Lanjut Pemeriksaan Kesehatan di Manokwari

 

Fakfak.1Detik.Info-

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Fakfak telah resmi menutup penerimaan pendaftaran Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Fakfak untuk Pemilihan Kepala Daerah Serentak 27 November 2024 pada, kamis (29/8) pukul 23.59 Wit. 

Setelah tahapan penerimaan pendaftaran ditutup semalam, KPU Fakfak memastikan hanya 2 Bapaslon yang mendaftar pada tahapan tersebut dengan status penelitian berkas syarat calon dan pencalonan lengkap dan diterima. 

Dua Bapaslon itu yakni Pasangan Petahana Untung Tamsil dan Yohan Dina Hindom (Utayoh) yang mendaftar pada hari kedua pendaftaran dan Pasangan Samaun Dahlan dan Donatus Nimbitkendik (Santun) yang mendaftar di hari terakhir. 

Ketua KPU Fakfak, Hendra J C Talla, SH, mengatakan proses selanjutnya setelah pendaftaran ditutup yakni pemeriksaan kesehatan. 

Hendra mengatakan, pemeriksaan kesehatan para Bapaslon akan dilakukan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Papua Barat di Manokwari. 

"Selanjutnya Bakal Pasangan Calon yang telah menerima surat pengantar untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan di mana sesuai dengan pengajuan kami pada Dinas Kesehatan Fakfak untuk dapat merekomendasikan rumah sakit untuk pemeriksaan Bakal Pasangan Calon maka dari tiga rumah sakit yang direkomendasikan oleh Dinas Kesehatan yaitu rumah sakit di kota Sorong rumah sakit di Kota Makassar dan rumah sakit di Kabupaten Manokwari."ujarnya.

"Hasil survei dari pimpinan kami di Provinsi bersama dengan rekan-rekan dari KPU Kabupaten maka diputuskan rumah sakit yang akan dilakukan pemeriksaan kesehatan terhadap Bakal Pasangan Calon baik Bupati maupun Wakil Bupati diputuskan pada Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Papua Barat di Manokwari."tambah Hendra. 

KPU Fakfak merencanakan proses pemeriksaan kesehatan dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus tahun 2024, sesuai dengan tahapan proses pemeriksaan kesehatan yang dimulai dari tanggal 27 Agustus sampai tanggal 2 September 2024.

Terhadap proses Tersebut, Hendra menjelaskan, KPU Kabupaten Fakfak akan memfasilitasi seluruh biaya perjalanan dan akomodasi para Bapaslon. 

Item pemeriksaan kesehatan para Bapaslon berdasarkan Informasi yang diterima terdiri dari 26 item pemeriksaan kesehatan, secara ringkas dibagi dalam 3 jenis pemeriksaan yaitu, Pemeriksaan Kesehatan Fisik, Pemeriksaan Kejiwaan dan juga Pemeriksaan Narkoba. (Ar) 

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik