Siswa MTsN 3 Kota Surabaya Antusias Ikuti Extrakurikuler Robotik

Surabaya, 1detik.info -

Ekstrakurikuler robotik merupakan kegiatan belajar robotika yang dimana dalam kegiatan belajar ini siswa akan diajarkan untuk membuat, merangkai, memodifikasi sebuah peralatan elektronik menjadi sebuah benda baru yang memiliki fungsi lain.


Kegiatan yang diikuti semua kelas 7,8,9 MTsN 3 Kota Surabaya pada hari Sabtu 3 Agustus 2024 ini diikuti sekitar 15 siswa mereka antusias mengikuti arahan dari Bapak Anang Habibi.


Pada umumnya robotik ini merupakan pembuatan sebuah robot sederhana dari peralatan elektronik yang ada di kehidupan sehari hari, bisa peralatan elektronik baru taupun yang bekas. Seni robotik ini juga sangat bermanfaat bagi siswa yang berminat pada ekstrakurikuler robotik, selain menjadi hobi robotik ini juga bisa menjadi sebuah prestasi yang membanggakan.


Robotik sendiri merupakan serapan dari kata robot yang bisa diartikan sebagai perangkat elektronik yang di program untuk melakukan tugas tugas manusia secara otomatis. Artinya setiap robot yang dibuat dengan teknologi yang mendukung bisa menjadi sebuah benda yang bisa mempermudah hidup manusia. 


Robot sendiri juga biasanya dibekali dengan actual intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang dimana dengan kecerdasan buatan ini sebuah robot bisa berguna sesuai dengan peruntukan pembuatan awal robot itu sendiri. Namun pengajaran di sekolah, terutama dalam ekstrakurikuler robotik, materi yang diikuti tidak akan sampai ke dalam teknologi AI tapi lebih ke penggunaan sensor yang disematkan ke dalam robot yang dibuat untuk melakukan tugasnya masing-masing.


Kompetisi dalam ekstrakurikuler robotik juga beragam, dari lomba robot sumo, hingga ke robot yang bisa membantu dan mempermudah kehidupan manusia. Semua tergantung dari pihak yang mengadakan kompetisi. Namun umumnya, baik dari tingkat Nasional hingga Internasional, perlombaan robotik antar siswa tidak pernah jauh dari kompetisi SUMO Robot dan juga Robot yang bisa membantu kehidupan manusia.


Maka dari itu perkembangan ekstrakurikuler robotik umumnya lebih ke memperdalam ilmu dalam merangkai robot sumo, robot yang bisa memiliki sensor untuk membantu kesehatan manusia seperti robot pendeteksi detak jantung pasien, robot yang bisa memadamkan api (dengan sensor api), robot pendeteksi gempa, robot pendeteksi sampah dan lain sebagainya.


Ekstrakurikuler robotik ini juga banyak sekali peminatnya terutama kaum adam yang lebih suka merubah barang barang mainannya sewaktu kecil menjadi barang baru.


Robotik merupakan kegiatan yang sangat menantang siswa untuk bisa berfikir kreatif dan inovatif, pemikiran ini yang dapat membuat siswa yang mengikuti ekstrakurikuler ini menjadi sangat kreatif dan bisa menjadi lulusan yang sangat bersaing dengan lulusan sekolah lain. Tidak lupa juga semua siswa yang berprestasi di MTsN 3 kota Surabaya bisa diapresiasi dengan baik, dengan ekstrakurikuler ini diharapkan siswa tidak hanya meraih prestasi tapi juga bisa membawa nama harum negara kita ke kancah dunia.


(Redho)

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik