Presiden Joko Widodo Minta Kepada Kepala Daerah Mencari Investor Agar Meningkatkan investasi Di APBD



Jakarta, 1detik.info -

Presiden Joko Widodo telah memberikan arahan kepada kepala daerah yang berada seluruh Indonesia di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Selasa (13/08/2024).


Dalam arahan Presiden Joko Widodo mengingatkan kepada para kepala daerah untuk belajar dari model investasi yang telah diterapkan di IKN. Yang utama yang daerah daerah masih kesulitan dalam pendanaan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).


" Supaya untuk menarik investasi itu memang harus membangun trust, harus membangun kepercayaan itu yang paling sulit,” tegas Presiden. 


Presiden meminta kepada kepala daerah untuk mengevaluasi dan memperbaiki dengan potensi daerah agar lebih menarik bagi investor, selain investasi, Presiden juga telah membahas pencapaian positif kepada kepala daerah dalam untuk mengendalikan inflasi. Untuk Inflasi nasional saat ini berada di angka 2,13 persen, ini turun dari yang sebelumnya pada dengan angka 2,58 persen


"Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh para gubernur, para bupati, dan para wali kota yang berada seluruh Indonesia ini, dengan ada inflasi ini bawa kita berada posisi yang sangat baik jika kita dibandingkan dengan oleh negara-negara yang lain,” ucap Presiden.


Presiden juga telah menekankan pentingnya dengan mempercepat akan realisasi APBD untuk mendukung daya beli masyarakat. Presiden juga menyebutkan bahwa realisasi belanja di kabupaten/kota masih sangat rendah dengan angka 31 persen.


“Jadi,Dengan ini,Saya juga minta tolong dicek lagi, dilihat lagi, dan didorong agar uang yang ada di APBD ini segera harus beredar di tengah masyarakat jadi sehingga perputaran uang yang di APBD berada di kabupaten, di kota, di provinsi itu bisa semakin baik,” tegas Presiden.


Presiden juga sangat menyoroti pentingnya persiapan Pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada bulan November 2024 mendatang. Presiden juga meminta agar persiapan anggaran, ketertiban dan keamanan segera dipastikan siaps. Presiden sangat mengharapkan para seluruh kepala daerah yang dapat bisa melihat dan juga mempelajari konsep pembangunan yang dilakukan di IKN dan dapat mengimplementasikan di daerah masing-masing. 


“Dan tadi kepala daerah masing-masing yang sudah dilihat, dari design di embung sudah, dari design di sumbu kebangsaan juga sudah, dan kalau yang baik yang bisa di copy, bisa ditiru, mulai direncanakan dengan baik,” pungkasnya.


(Rudi)

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik