Kepala Sekolah SMAN 1 Bilah Barat Binanga Tolang Diduga Lakukan Pengutipan Uang Atribut Pada Murid Baru

Labuhanbatu, 1detik.info -

Kepala sekolah SMAN 1 Bilah Barat Binanga Tolang, Desa Tanjung Medan, Kecamatan Bilah Barat, Kabupaten Labuhanbatu, Sumut, Drs.Muhammad Yusuf Rivai, diduga melakukan pungutan liar, sehingga menimbulkan banyak keluhan dikalangan orang tua siswa, Rabu 21/08/2024.


Dampak dari pungli tersebut membuat para orang tua siswa menjerit dan mengeluh akan kutipan-kutipan yang diduga dilakukan kepsek Muhammad Yusuf Rivai kepada siswa-siswi baru tahun ajaran 2024-2025. Modus yang dilakukan, dengan mengutip uang atribut seragam  sekolah siswa - siswi baru, sebesar Rp.93.000/ murid.


Penerimaan siswa - siswi baru ada 3 lokal.

1.1. 32 murid.

1.2. 30 murid.

1.3. 28  murid .

Total keseluruhan murid baru 90 orang.


Bentuk pungli lainnya, untuk membeli baju olah raga, mirisnya baju olah raga yang dijanjikan yang harga nya belum di tentukan. Saat team awak media Satu detik di lapangan,salah seorang warga sekitar sebut saja Ryan yang adek nya siswa baru di sekolah tersebut merasa kesal dan kecewa terhadap kelakuan kepsek SMA Negeri 1 Bilah Barat.


Ryan menambahkan, atas perilaku kesewenang-wenangan kepsek tersebut pertama  kali di lakukan semenjak menjabat kepala sekolah di SMA Negeri 1  Bilah Barat binanga tolang.


"Dugaan penyalahgunaan wewenang yang dilakukan Kepsek, dibenarkan salah seorang siswa dan  teman-temannya,Memang ada pengutipan  uang atribut dari sekolah, yang seharusnya di sediakan pihak sekolah secara gratis," ujarnya dengan meminta agar identitasnya tidak dipublikasikan, Rabu, 21/08/2024.


Tim investigasi media Satu Detik mencoba untuk konfirmasi  dengan mendatangi sekolah tempat yang bersangkutan menjabat sebagai kepsek tersebut namun kepsek tidak berada ditempat berangkat Umroh  sehingga tidak bisa di konfirmasi.


Kedatangan Tim ke sekolah SMAN1 Bilah Barat hanya mendapati keberadaan wakil kepala sekolah, Budi Rambe, SPd., dan menjelaskan, “Kalau masalah pengutipan-pengutipan itu  tidak ada bang.kepala sekolah yang baru ini  alim bang.bukan seperti  kepsek yang lama. Ujarnya untuk menutupi kebenaran dan fakta.


"Wakil Kepsek itu juga menjelaskan bahwa Kepala sekolah lagi Umroh bang.sebelum berangkat Umroh selalu hadir kok bang.setiap  jam 07.00 pagi udah di depan pagar sekolah," ungkap nya. Hingga berita ini sampai dimeja redaksi, team awak media masih belum bisa konfirmasi langsung dengan kepala sekolah SMA Negeri 1 Binanga tolang Bilah Barat.


Diminta kepada kepala dinas pendidikan labuhan batu agar segera menindak tegas oknum Kepala sekolah SMA Negeri 1 Bilah barat Binanga tolang, sanksi apa yang pantas di berikan karena telah mencoreng citra dinas pendidikan labuhan batu.


(Indra)

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik