Kades Tanahbaru Pasang 500 Bendera Sambut HUT RI Ke-79

Karawang, 1detik.info - 

Dalam rangka menyambut peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-79, Kapala desa (Kades) Tanahbaru bersama warganya bergotong-royong memasang bendera merah putih diberbagai sudut penjutu disepanjang jalan raya desa Tanahbaru," Kamis (8/8/2024).


Selain memasang bendera merah putih dalam rangka menyambut HUT RI ke-79 ini, Syamsudin, Kades Tanahbaru juga memasang plang papan larangan yang bertuliskan jangan mendirikan bangunan dan membuang sampah disepanjang saluran irigasi.


Menurut Syamsudin, kegiatan pemasangan bendera dan pemasangan plang papan larangan tersebut merupakan bagian dari persiapan dalam menyambut hari kemerdekaan yang akan jatuh pada tanggal 17 Agustus 2024 mendatang.


"Sejak pagi hari, kami bersama aparatur desa Tanahbatu beserta warga sudah mulai berkumpul di halaman rumah untuk mengambil bendera yang telah disediakan untuk dipasang disetiap sudut disepanjang jalan raya desa Tanahbaru," tuturnya.


Selanjutnya kata dia, pemasangan bendera merah putih ini diharapkan dapat meningkatkan semangat rasa nasionalisme dan kecintaan terhadap tanah air Indonesia di kalangan warga. Pemasangan bendera ini, lanjutnya lagi, bukan hanya sebagai hiasan, tetapi juga sebagai simbol persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.


"Kami berharap seluruh warga khususnya desa Tanahbaru agar turut serta dalam merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia dengan penuh semangat yang tinggi," ujar Syamsudin. Selain itu, Ia juga mengajak seluruh warga desa Tanahbaru untuk menjaga kebersihan lingkungan dan menghiasi rumah masing-masing dengan pernak-pernik bertema kemerdekaan.


"Mari kita bersama-sama menyambut HUT RI ke-79 dengan penuh sukacita dan rasa syukur. Kebersamaan dan gotong-royong adalah cerminan dari nilai-nilai Pancasila yang harus kita jaga," tambahnya.


Selama proses pemasangan bendera, suasana kebersamaan dan kekeluargaan sangat terasa. Warga dari berbagai usia ikut berpartisipasi, mereka saling membantu dan bekerjasama untuk memastikan setiap sudut jalan raya desa Tanahbaru yang dihiasi dengan bendera merah putih. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi awal dari rangkaian acara peringatan HUT RI ke-79 di Desa Tanahbaru, Semoga semangat kemerdekaan terus berkobar di hati setiap warga Desa Tanahbaru.


Perlu diketahui, ada 500 bendera merah putih berkibar disepanjang jalan raya desa Tanahbaru, mulai dari perbatasan desa Telukjaya sampai perbatasan desa Solokan. Begitupula di saat pemasangan bendera merah putih, Syamsudin, Kades Tanahbaru juga memasang plang papan larangan membuang sampah dan mendirikan bangunan di area saluran irigasi.


"Himbauan ini agar masyarakat bisa lebih mengerti akan kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan mendirikan bangunan di saluran irigasi. Mari kita jaga bersama lingkungan saluran irigasi untuk yang lebih baik, bersih, hijau dan lestari," ucapnya.


Lebih lanjut Syamsudin mengatakan, pemasangan plang papan larangan ini juga bertujuan untuk memberi peringatan agar masyarakat tidak membuang sampah, benda padat atau cair ke saluran irigasi.


"Masyarakat tidak boleh mendirikan bangunan disaluran irigasi, karena nantinya akan mengakibatkan pendangkalan dan tercemarnya saluran serta mengurangi kinerja untuk pertanian," pungkasnya.


(Siti)

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik