Jelang Pilkada, Kapolres Rohul Ajak Tokoh Adat LMAR Rohul Jaga Kamtibmas

Rokan Hulu, 1detik.info -

Dalam rangka menciptakan situasi yang kondusif menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Kapolres Rokan Hulu (Rohul), AKBP Budi Setiyono melaksanakan Cooling Sitem dengan Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Rohul, pada Selasa 13 Agustus 2024, di Cafe Gieventrie Eatery & Drink (GED), Pasir Pengaraian, Kecamatan Rambah, Rohul.


Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya untuk menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) serta memastikan proses demokrasi berjalan dengan damai dan lancar.


Dalam pertemuan ini, Kapolres Rohul menyampaikan pentingnya peran tokoh adat, totokoh agama dan tokoh masyarakat dalam menciptakan suasana yang sejuk dan harmonis di tengah masyarakat.


“Kami sangat mengharapkan dukungan dari para tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat untuk membantu Polri dalam menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif selama tahapan Pilkada,” ujar AKBP Budi Setiyono.


Budi menyebut, bahwa keamanan dan ketertiban merupakan tanggung jawab bersama. Oleh karena itu, diperlukan kerjasama yang baik antara pihak kepolisian dan elemen masyarakat dalam menghadapi potensi gangguan selama Pilkada nanti.


Kapolres menjelasakan, berdasarkan pengamatan dari pihak intel, bahwa tingkat kerawanan Pilkada lebih tinggi dari pada Pilpres dan Pileg sebelumnya. “Saya meminta dan mengajak kepada pihak LAMR Rohul untuk tetap menjaga stabilitas Kamtibmas di wilayah hukum Polres Rohul,” pinta Budi.


Budi juga berharap agar pengurus LAMR Rohul untuk tidak terlibat pada setiap ajakan yang diberikan kepada partai politik untuk mendukung pada salah satu calon tertentu, yang mana hal tersebut menyebabkan pengaruh kepada masyarakat.


Selain itu, lanjut Kapolres, untuk menghindari terjadinya pemungutan suara ulang, pihaknya meminta kepada seluruh pihak kepengurusan LAMR Rohul untuk dapat bekerja sama menjaga situasi masyarakat tetap aman dan damai.


“Kegiatan cooling system ini juga sebagai salah satu bentuk dalam menjaga situasi kamtibmas di Rohul tetap aman dan kondusif,” ujar AKBP Budi. Sementara dalam pertemuan itu, Sekretaris LAMR Rohul, Tasmid, M.Pd, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolres Rohul dan jajaran atas silaturahmi yang terjalin.


“Kami selaku pihak kepengurusan LAMR Rohul akan tetap menjaga situasi kamtibmas tetap aman, damai dan kondusif,” ujar Tasmid.


Ia menyampaikan, untuk mengantisipasi adanya opini negatif yang berkembang di masyarakat selama tahapan Pilkada, pihaknya akan tetap bersikap netral dan tidak mengajak masyarakat maupun Lembaga Adat Desa untuk berpihak atau mendukung pada salah satu calon yang maju di Pilkada Rohul


“Kami juga akan selalu melakukan koordinasi terkait perkembangan situasi masyarakat sebagai langkah awal untuk menghindari adanya potensi konflik di Rohul,” kata Tasmid.


“Kami siap mendukung penuh dan membantu untuk menjaga situasi kamtibmas di Rohul tetap berjalan aman, damai, dan kondusif,” sambungnya.


(Ardi)

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik