Jalan Buntu Mediasi Bapaslon SARIFA-KPU Fakfak, Bawaslu Siapkan Musyawarah Terbuka

 

Fakfak.1Detik.Info-

Sengketa pemilihan yang dimulai dengan proses mediasi antara Bakal Pasangan Calon perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Fakfak, Said Hindom-Rico Thie, yang dilaksanakan di Kantor Bawaslu Kabupaten Fakfak, sabtu (10/8) akhirnya selesai dilaksanakan.

Meskipun proses mediasi telah usai dilaksanakan, namun proses tersebut tak menghasilkan kesepakatan apapun alias menemui jalan buntu karena baik pemohon dalam hal ini Bapaslon Sarifa maupun termohon yaitu KPU Fakfak tetap bepegang pada pokok permohonan dan keputusannya. 

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu Fakfak, Arifin Takamokan, usai memimpin jalannya mediasi tersebut melalui pesan Whatshap. 

"Hasil mediasi pihak pemohon tetap pada pokok-pokok permohonannya dan pihak termohon tetap pada keputusan yang telah dikeluarkannya, sehingga musyawarah tertutup tidak menemui kesepakatan bersama."ujar Arifin. 

Terkait hal itu, kata Arifin, pihaknya menyiapkan proses selanjutnya yakni musyawarah terbuka atau sidang adjudikasi. 

"Berdasarkan hasil tersebut maka proses sengketa akan dilanjutkan ke musyawarah terbuka atau sidang adjudikasi yang akan direncanakan pada hari senin 12 Agustus 2024 di ruang sidang Bawaslu Fakfak." ungkapnya. 

Sementara itu, KPU Fakfak melalui Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu, Josan Massa, kepada media ini, membenarkan hasil mediasi tersebut. 

"Tidak ada kesepakatan dalam Mediasi Jadi dilanjutkan ke Ajudikasi." ujarnya. 

Hasil Pantauan media ini di Kantor Bawaslu Fakfak, proses mediasi dilakukan mulai pukul 10.44 Wit dan berakhir di pukul 14.32 wit. 

Pihak pemohon dihadiri langsung Bakal Calon Bupati, Said Hindom dan pihak termohon dihadiri Ketua KPU Fakfak, Hendra Talla di dampingi Anggota KPU Divisi Hukum, Marthen Singgir dan Anggota KPU Divisi Teknis, Josan Massa. 

Proses mediasi berlangsung aman dan lancar. Sejumlah aparat Kepolisian berpakaian biasa turut hadir di Kantor Pengawas Pemilu tersebut. (Ar) 

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik