Doa dan Zikir bersama Upacara di Jakarta dan Rangkaian HUT RI-79

Jakarta, 1detik.info -


Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengungkapkan bawa untuk peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 2024 akan berlangsung sangat lebih istimewa dengan rangkaian acara kegiatan yang berada di dua lokasi, yaitu Jakarta dan Ibu Kota Nusantara (IKN). 


Untuk Tema kali ini dalam rayakan  HUT RI tahun 2024 ini adalah "Nusantara Baru, Indonesia Maju," yang telah menandai transisi sebuah perpindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN dan juga transisi pemerintahan ke pemerintah yang baru.


"Untuk Temanya kali ini adalah Nusantara Baru Indonesia Maju yang sudah dirilis pada tanggal 24 Juni 2024 dan ini merupakan sekaligus untuk menunjukkan sebuah transisi perpindahan Ibu Kota negara dari Jakarta ke IKN Nusantara dan sekaligus juga adalah sebuah transisi untuk keberlanjutan pemerintahan ke pemerintah yang baru nanti,” ucap Pratikno di Kantor Kemensetneg, Jakarta, Kamis (1/8/2024).


Ia juga menjelaskan dalam rangkaian kegiatan bulan kemerdekaan tahun 2024 ini, kita akan dimulai dengan dzikir dan doa dengan kebangsaan yang akan dilakukan pada hari Kamis malam di Istana Merdeka, Jakarta.


Setelah itu, rangkaian dalam kegiatan peringatan HUT RI-79 akan dilanjutkan dengan pengukuhan Pasukan Pengibaran Bendera Pusaka (Paskibraka) oleh Presiden Joko Widodo yang rencananya akan dilakukan di IKN.


Kemudian,diadakan upacara penganugerahan tanda kehormatan yang dilaksanakan di Istana Negara di Jakarta. 


"Kemudian nanti akan di lanjutkan dengan agenda pidato kenegaraan dan penyampaian RAPBN dan nota keuangan akan diselenggarakan berlokasi di Gedung Nusantara, Gedung MPR, DPR, DPD, Jakarta” lanjut Pratikno.


Dengan ada Kegiatan AKRS akan dilakukan secara bersamaan di dua tempat sekaligus yaitu di Taman Kusuma Bangsa dan IKN serta Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. 


“nantinya lokasi Jakarta berada Di Taman Makam Pahlawan Kalibata, yang akan dipimpin langsung oleh Bapak Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin, kemudian di Taman Kusuma Bangsa di Ibu Kota Negara (IKN )yang dipimpin langsung oleh Bapak Presiden Joko Widodo. Itu akan diselenggarakan pada dini hari tanggal pukul 00.00 tanggal 17 Agustus,” ucap Pratikno.


"Upacaranya,dengan tata upacara militer. itu akan dilaksanakan di IKN dengan Inspektur Upacara Bapak Presiden Joko Widodo, sedangkan upacara hari HUT RI 79 di Istana Merdeka, Jakarta itu akan mengikuti tata upacara militer di IKN," ujar Mensesneg. 


Selain itu ada agenda pokok, yang menarik ada prosesi kirab bendera sang pusaka Merah Putih dari Monas, Jakarta Pusat ke IKN, ibu kota negara.



(Ariesto Pramitho Ajie)

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik