Dishub Simalungun Ajukan Perbaikan 2 Dermaga Senilai Rp 16,5 Miliar ke Bappenas RI


Simalungun, 1detik.info -


Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Simalungun mengajukan proposal revitalisasi/perbaikan terhadap dua dermaga di pesisir Danau Toba yakni Dermaga Tiga Raja dan Haranggaol.


Dishub Simalungun menilai kedua dermaga ini sudah saatnya dimodernisasi.


Kepala Dinas Perhubungan Simalungun, Sabar P Saragih menyampaikan bahwa pekan lalu dirinya dan pejabat teknis mengusulkan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2025 Terkait Konektivitas Transportasi Perairan dalam Rangka Mendukung Ketahanan Nasional ke Bappenas RI.


Ada DAK 2025 pada Item Sub Bidang Konektifitas Perairan dalam Rangka Mendukung Ketahanan Nasional. Nah turunannya itu salah satunya soal pembenahan transportasi air termasuk dermaga, kata Sabar saat dikonfirmasi Minggu (4/8/2024).


"Ternyata tahun 2025 itu lokasi prioritas nasional di Sumatera Utara itu ada masuk daerah kita, Simalungun. Kita coba tangkap DAK ini untuk membuat kriteria yang Bappenas RI minta," kata Sabar.


Jajaran Dishub Simalungun, kata Sabar kemudian berkoordinasi dengan Direktorat Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan pada Kemenhub RI, di mana Kemenhub RI merupakan kementerian teknis dalam DAK Bappenas RI ini.


"Mereka sangat menyambut baik kehadiran kami dan tinggal mungkin bagaimana membuat eksisting yang sebenarnya dan revitalisasi untuk dermaga Haranggaol dan Tiga Raja," kata Sabar.


Sabar pun menjelaskan latar belakang Pemerintah Kabupaten Simalungun berkeinginan memperbaiki kedua dermaga ini, terangnya.


"Dermaga Tiga Raja setiap harinya menampung trip penyeberangan kapal sebanyak 25-35 kali. Setiap hari pula volume dermaga untuk kapal bersandar mencapai 15 unit.Artinya Dermaga Tiga Raja ini sudah crowded (padat) sepertinya," jelas Sabar.


Khusus Dermaga Haranggaol, kata Sabar bahwa dermaga ini merupakan dermaga populer di masa lalu yang potensial dalam hal angkutan penyeberangan orang dan barang hasil tani.


Namun di masa kini, dermaga ini seperti tak diperhatikan sehingga rute penyeberangannya pun sudah tidak lagi populer.


Kita lebih melengkapi fasilitas-fasilitas sesuai Standar Pelayanan Mininal (SPM). Butuh pembenahan dan perbaikan. Konektivitas rutenya juga, fasilitas seperti lahan parkir, rambu lalu lintas itu di Haranggaol tidak ada.


Dishub Simalungun dalam proposal ini menjelaskan lebih rinci lewat Detail Engineering Design (DED) dan rumusan-rumusan masalah yang harus dipecahkan dalam meningkatkan peran dermaga sebagai bagian dari ketahanan pangan.


Adapun proposal anggaran yang diminta Dishub Simalungun untuk perbaikan dua dermaga adalah Rp 16,5 miliar.


Nah tanggal 7 Agustus 2024 ini, akan dilakukan penilaian atas usulan oleh Tim DAK dalam hal ini Bappenas RI. Mudah-mudahan kita salah satu pilihannya.


(Donny)

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik