Dandim 0420/Sarko Hadiri Apel Siaga Dan Gelar Peralatan Dalam Rangka Kesiapan Menghadapi Karhutla

Merangin, 1detik.info -

Komandan Kodim (Dandim) 0420/Sarko Letkol Inf Suyono S.Sos menghadiri acara Apel Siaga Dan Gelar Peralatan Dalam Rangka Kesiapan Menghadapi Karhutla di Kabupaten Merangin Tahun 2024 di halaman kantor Bupati lama. Sabtu (10/8/2024).


Apel siaga ini dipimpin langsung oleh Pj Bupati Merangin H. Mukti Said, serta di hadiri oleh beberapa pejabat dari forkopimda Kabupaten Merangin. Dalam sambutannya H. Mukti Said menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan Apel Siaga dan Gelar Pasukan hari ini, semakin meningkatkan koordinasi dan sinergi kita dalam upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Merangin sehingga membuahkan aksi nyata dalam upaya mengurangi risiko bencana itu sendiri.


“Kita harus berupaya mengantisipasi berbagai kemungkinan bencana yang bisa terjadi sedini mungkin, sehingga bencana kebakaran hutan dan lahan yang luas tidak terjadi lagi diseluruh wilayah Kabupaten Merangin atau setidaknya kita mampu untuk meminimalisir luasan dan dampaknya,” katanya.


Lebih lanjut disampaikan bahwa Selain menyebabkan kerugian material berupa terbakarnya lahan-lahan produktif dan kawasan hutan, termasuk lahan gambut yang mestinya terjaga kondisi, juga menyebabkan merebaknya penyakit, khususnya Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), serta terganggunya berbagai aktivitas kehidupan.


“Saya berharap penanganan kebakaran hutan dan lahan ini dapat dilakukan secara maksimal, efektif, dan efisien, karena kita fokus pada upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Pentingnya edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat secara persuasif dengan melibatkan semua pihak dari level atas hingga bawah menjadi salah satu langkah nyata kita dalam upaya Pencegahan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan,”harapnya.


(Idil)

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik