Pentingnya Ketersediaan Informasi Dan Data, Pemerintah Kecamatan Seko Lakukan Sosialisasi.


Luwu Utara, 1detik.info-Sosialisasi dan Musyawarah Tahapan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun anggaran 2025 yang di ikuti dan dihadiri oleh para Kepala Desa bersama perangkatnya Se-Kecamatan Seko yang di laksanakan di Mes Kantor Perwakilan Kecamatan Seko di Kelurahan Kappuna, Masamba Kabupaten Luwu Utara, (11/07/2024).


Dalam kegiatan tersebut, Hadir Joni Pasulle Sekcam Seko mendampingi para narasumber yakni, Muhammad Ikbal, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Luwu Utara, Haltin S.  Pendamping Desa Tingkat Kecamatan Seko, serta Muhammad Samri dari Inspektorat Kabupaten Luwu Utara sebagai pemateri.

Sekcam Seko mengungkapkan bahwa tujuan sosialisasi ini dilakukan untuk terus mengingatkan dan mengantisipasi terjadinya keterlambatan-keterlambatan informasi dan data yang kadang terjadi akibat sulitnya akses transportasi darat dan minimnya sarana informasi antar desa maupun ke tingkat kecamatan terlebih lagi ke tingkat kabupaten.


Sosialisasi dan musyawarah tahapan RKPDes ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan untuk memaksimalkan ketersediaan data di setiap desa di wilayah Kecamatan Seko, ungkap Joni Pasulle.


Selain itu, pihak Inspektorat juga menegaskan kepada seluruh peserta yang hadir agar setiap Desa dalam penyusunan RKPDes, usulan kegiatan yang akan dilaksanakan atau di kerjakan harus mengacu pada kewenangan desa, lanjutnya.

Jadi kegiatan sosialisasi dan musyawarah ini sangat penting untuk mengantisipasi keterlambatan-keterlambatan informasi dan data yang dibutuhkan pada saat penyusunan dan penginputan RKPDes karena sulitnya akses jalur transportasi darat dan sarana informasi untuk berkordinasi secara intens dengan pihak-pihak terkait di tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten.

Harapan kita melalui sosialisasi dan musyawarah rutin ini agar kendala-kendala dalam penyusunan dan pengusulan Rencana Kerja Pemerintah Desa setiap tahunnya dapat di minimalisir sehingga memudahkan pelaksanaan kegiatan-kegiatan di desa dalam pelayanan terhadap kebutuhan dasar masyarakat.

Untuk di ketahui bahwa kegiatan ini dilaksanakan di Mes perwakilan kantor Camat Seko yang ada di Kelurahan Kappuna Kecamatan Masamba, bertepatan dengan hadirnya para Kepala Desa dan perangkatnya di Masamba, tutupnya. 

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik