Gelar Doa Bersama Pada Peringatan Tahun Baru Islam Dan Juga Santunan Di Bale Bandung




CILACAP 1 DETIK - Wisata religi Bale Bandung pada hari ini ramai dikunjungi warga masyarakat yang berdatangan sejak pagi tiada lain mereka berdatangan untuk membuat hidangan yang nantinya dimakan bersama-sama dan tentunya mengikuti kegiatan peringatan pergantian tahun baru islam 1446 hijriyah.


Dua ekor kambing dipotong tiada lain untuk menyambut ataupun memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriyah yang dilaksanakan di makam keramat pendiri Desa Tambaksari Kyai Bandung Rasa atau lebih dikenal Bale Bandung.


Acara dimulai dengan Hamin (doa bersama) dilokasi makam keramat Bale Bandung dan dilanjutkan makan bersama serta  berpindah tempat ke aula atau pun bale yang sudah tersedia untuk mendengarkan tausiah tawasul dan bershalawat.



Selain itu dalam kesempatan tersebut Pokdarwis (kelompok sadar wisata) Bale Bandung menyalurkan santunan bagi anak yatim yang berada diwilayah tersebut.


Abdul kodir selaku Ketua Pokdarwis Bale Bandung menyampaikan karena dahulu Bale Bandung ini merupakan satu tempat berdirinya Desa Tambaksari dan yang dikeramatkan memang satu tokoh atau pahlawan yang mendirikan desa tambaksari hingga sekarang ujarnya.


Peserta yang hadir merupakan simpatisan  Bale Bandung dan juga mengundang Kepala Desa dan Perangkat Desa Lembaga Desa dan BPD ditambah kami mengundang yatim piatu dimana hari ini kami menyalurkan santunan bagi mereka terangnya.


"Ini merupakan kegiatan rutin dalam peringatan tahun baru Islam di Bale Bandung dibarengi santunan, untuk santunan kita rutin tiap tahun bahkan bisa setahun dua kali". Tuturnya


Agar kegiatan dan tempat ini terjaga dengan baik kami bersama simpatis terus merawatnya, karena memang tempat ini oleh semuanya merupakan  keramat nomor satu di Desa Tambaksari khususnya.



Sementara itu ketua Eko Wisata Desa Tambaksari Wastoyo mengucapkan terima kasih kepada semua masyarakat Desa Tambaksari yang begitu antusias dalam melaksanakan setiap kegiatan tanpa terkecuali pada hari ini yang berlokasi di Bale Bandung ucapnya.


Wastoyo mengharapkan agar kekompakan ini selalu terjaga dengan baik, sehingga persatuan dan kesatuan antar warga semakin meningkat.


Pada momentum tahun baru ini mari sama-sama untuk memperbaiki diri serta terus berupaya mempertahankan adat  budaya tradisi dan juga kompak selalu selamanya tutupnya. (Sis)

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik