Petugas Pantarlih di Madina Tanpa Rompi, Ini Jawaban Ketua KPU Mandailing Natal

 

Foto : Atribut Kelengkapan Petugas Pantarlih dan juga seorang Petugas Pantarlih di Kabupaten Mandailing Natal 

Mandailing Natal, | 1 detik.info  - 

Kegiatan dan tugas dari Pantarlih sudah dimulai sejak pelantikan dan pembekalan oleh PPS di wilayah Kecamatan masing-masing seluruh Indonesia pada Senin (24/6/2024). Pantarlih adalah Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) atau biasa disebut petugas pencocokan dan penelitian (coklit) yang dibentuk oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Dilansir dari laman media sosial KPU Republik Indonesia, Pantarlih mulai melaksanakan tugas tanggal 24 Juni hingga 24 Juli 2024. Untuk Mandailing Natal, sekira 1267 petugas Pantarlih akan mengunjungi setiap rumah tangga untuk melakukan pengisian data Coklit (Pencocokan dan Penelitian).

Untuk wilayah Kecamatan Natal, Kabupaten Mandailing Natal dari pantauan media di lapangan, Petugas Pantarlih baru dalam 3 (hari) ini bekerja melaksanakan tugas yakni dimulai Jumat 28 Juni 2024 kemarin. Hal ini menurut kabar yang diterima selain dikarenakan keterlambatan pendistribusian atribut dan alat kerja Petugas Pantarlih juga karena Petugas Pantarlih harus berkoordinasi terlebih dulu dengan Pemerintah Desa/Kelurahan setempat dalam mencermati DP4.


Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mandailing Natal, Muhammad Ikhsan pada Kamis (27/6/2024) menyampaikan bahwa,

"Saat ini pantarlih sedang berkoordinasi dengan pemerintahan desa/kelurahan untuk mencermati form isian  data pemilih pada DP4 sebelum turun ke rumah rumah warga".


"Alat kelengkapan pantarlih sedang proses pendistribusian bang," sampai Ikhsan pada Kamis (27/6/2024).

Untuk saat ini Petugas Pantarlih sudah bekerja dengan baik, namun ada alat kelengkapan Petugas Pantarlih yang belum dikenakan. Kelengkapan tersebut adalah Rompi Pantarlih. Terlihat para Petugas Pantarlih di Mandailing Natal (Madina) tidak mengenakan rompi saat tugas Coklit.

Masih Ketua KPU Mandailing Natal Muhammad Ikhsan, ketika ditanyakan perihal mengenai Rompi untuk Petugas Pantarlih pada Minggu (30/6/2024), beliau menjawab, "Rompi sedang dalam pengiriman oleh penyedia, besok sampe ke Madina".


Penulis : IS

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik