Grand Launching Edu-Heritage Haul Sunan GunungJati Meriah di Alun Alun Sangkala Buana Keraton Kasepuhan Cirebon


 Kasepuhan Cirebon,1detik.info-

Grand Launching Edu-Heritage Haul Sunan Gunung Jati Meriah di Alun Alun Sangkala Buana Keraton Kasepuhan Cirebon.


Cirebon, Minggu 23 Juni 2024 - Acara Grand Launching Edu-Heritage Haul Sunan Gunung Jati di Alun Alun Sangkala Buana Keraton Kasepuhan Cirebon sukses menghadirkan kegembiraan bagi warga. Antusiasme mereka tampak dari kerumunan yang memadati acara tersebut, terutama saat pembukaan stand-stand Makanan dan Kerajinan khas Cirebon.


Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, antara lain Deputi Bidang Perkembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, bersama Direktur Infrastruktur kreatif kemenparekraf, PJ Walikota Cirebon Agus Mulyadi, perwakilan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Porkopimda Provinsi Jawa Barat, serta para Raja dan Sultan Se-Nusantara.



Grand Launching Edu-Heritage Haul Sunan Gunung Jati dibuka dengan doa dan pembacaan ayat suci Al-Quran, kemudian dilanjutkan dengan tarian tradisional Kota Cirebon, seperti tarian Sintren, yang memperkaya suasana acara.


Ketua Yayasan Badan Wakaf Kasepuhan Cirebon, Ahmad Jazuli, menyampaikan bahwa rangkaian acara Grand Launching ini telah dimulai sejak tanggal 20 Juni lalu di Jakarta, dengan diselenggarakannya Forum Bisnis Edu-Heritage di Grage Hotel oleh Pemerintah Kota Cirebon.


Puncak acara dari rangkaian tersebut adalah Festival Haul Sunan Gunung Jati di Musim Bahari yang berlangsung meriah, menginspirasi hadirin, serta ditandai dengan penandatanganan kerja sama Nota Kesepemahaman antara Pemerintah Kota Cirebon dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.


Rangkaian acara juga meliputi Seminar Sejarah Budaya dan Pariwisata berbasis Edu-Heritage, serta Forum Bisnis Edu-Heritage di Grage Hotel, yang sukses menarik perhatian para pelaku bisnis dan pemangku kepentingan terkait. Selain itu, tradisi Haul Sunan Gunung Jati di Masjid Agung Sang Cipta Rasa oleh Kasultanan Kasepuhan Cirebon dan Keluarga Besar Keraton yang ada di Cirebon turut menjadi momen bersejarah dalam mendukung program wisata berbasis Edu-Heritage.


500 penari Flash Mob Tarian Sintren yang memeriahkan acara menjadi bukti konkret kecintaan masyarakat Cirebon terhadap program wisata Edu-Heritage ini. Mereka bersama-sama berharap semangat dalam Grand Launching ini tidak hanya berhenti pada seremonial semata, tetapi juga terwujud dalam aksi nyata yang terukur dan dapat dilaksanakan.


Program wisata berbasis Edu-Heritage diyakini dapat memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan perekonomian daerah dan masyarakat, sambil tetap menjunjung tinggi nilai-nilai pesan leluhur melalui pendidikan dan warisan budaya.


Harapan kami, semangat dan kepedulian ini akan terus ditingkatkan untuk menata semua destinasi wisata terkait Edu- Heritage dan mendukung perekonomian serta meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung, baik ke Cirebon maupun ke Jakarta serta daerah-daerah lainnya.


Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam kesuksesan rangkaian acara ini, dari Jakarta, Pendopo Bupati Cirebon, Hotel Grage, Masjid Agung Sang Cipta Rasa, hingga Alun Alun Keraton Kasepuhan Cirebon. Semua antusiasme dan semangat dalam mendukung Edu-Heritage sangat diapresiasi dan acara ditutup dengan doa bersama.

(Eka)

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik