Universitas Fajar Wisuda Angkatan ke 20, Program Sarjana dan Pasca Sarjana



Makassar,1 Detik.Info -

Universitas Fajar menggelar wisuda ke-XX pada Sabtu, 25 Mei 2024. Acara yang berlangsung di Sandeq room, Claro hotel ini dihadiri  307  wisudawan, 171 orang Alumni Pascasarjana dan 136 orang Alumni Program Sarjana Itu berarti jumlah keseluruhan alumni Unifa sampai saat ini sudah mencapai 5.958 orang.

Dalam kesempatan ini, Rektor Unifa menyampaikan capaian prestasi wisudawan dimana rata-rata capaian IP kumulatif mahasiswa program Sarjana adalah 3,49 dengan masa studi rata-rata 4 tahun 8 bulan, dan IPK Rata-rata program Magister 3,84 dengan masa studi rata-rata selama 1 tahun 3 bulan.

Rektor Unifa Dr. Muliyadi Hamid menyampaikan sejumlah pesan khusus kepada para wisudawan. Berikut kutipan pesan Rektor untuk para wisudawan dalam sambutannya:

Menyaksikan seluruh wisudawan mengenakan Toga wisuda hari ini sungguh membahagiakan dan membanggakan. Sebab tidak semua orang bisa mengenakannya. Bahkan banyak  mahasiswa yang pada akhirnya tidak mampu memakainya. 

Para wisudawan patut bersyukur karena berkesempatan mengenakan busana kebesaran akademik yang menandai berakhirnya satu fase pendidikan formal. Untuk memakai toga itu, butuh kerja keras, ketabahan, kegigihan, juga butuh keikhlasan dan pengorbanan..”

Sebentar lagi kami akan sampirkan Tali Toga itu dari sebelah kiri ke kanan. Sebuah simbol, jika mulai hari ini saudara beralih dari kegiatan yang banyak mengandalkan otak kiri ke dunia yang membutuhkan banyak peran otak kanan yang berhubungan imajinasi, kreativitas, inovasi, dan kepekaan sosial. 

Gelar Sarjana atau Magister adalah sebuah gelar akademik yang menunjukkan level kemampuan berpikir dan kemampuan menyelesaikan masalah melalui pendekatan ilmiah dan perspektif akademik bagi pemiliknya. Sementara seluruh peralatan dan instrumen teoritik yang dibutuhkan dalam penyelesaian masalah terus berubah dan berkembang.

Oleh karena itu, wisuda hari ini hanyalah sebagai tanda selesainya satu jenjang pendidikan formal, namun bukanlah akhir masa belajar saudara. Masalah-masalah yang dihadapi oleh semua organisasi semakin hari semakin kompleks dan rumit. 

Kompleksitas dan intensitas Persaingan yang semakin dinamis menuntut kemampuan dan kapasitas yang terus berubah dan terus meningkat. Untuk itu, teruslah belajar dan terus mengembangkan diri di lapangan pengabdian masing-masing.

Selanjutnya, saya ingin mengingatkan bahwa kesuksesan yang dicapai hari ini tak lepas dari peran dan dukungan orang lain. Terutama keluarga. Khususnya tentu kedua orang tua. Mereka tak henti-hentinya berdoa untuk kesuksesan kalian. Bahkan bukan sekadar doa, tapi juga pengorbanan moril dan material.

Hari ini, mereka bahagia dan bangga menyaksikan kalian di wisuda. Wajah mereka sangat gembira, seakan tanpa beban. Padahal, tanpa kalian ketahui, mereka mungkin sering merintih, lelah memikul beban yang amat berat. Namun, dihadapanmu berupaya tampak tegar dan kuat. Semata-mata ingin melihatmu bahagia. Ingin agar kalian tetap bisa sekolah sampai sarjana. Mereka ingin menyaksikan kalian seperti hari ini.

Jadi, jangan pernah merasa jika apa yang kalian raih hari ini karena kehebatanmu, tapi itu semata hanya karena Rahmat dan kasih sayang Allah Subhanahu Wata'ala berkat doa yang selalu dipanjatkan orang tuamu. Beruntunglah kalian yang orangtuanya masih hidup dan bisa mendampingi di acara yang membahagiakan seperti ini. 

Mungkin ada diantara wisudawan yang hari ini tidak bersama kedua orang tuanya lagi, karena telah lebih dahulu dipanggil menghadap sang ilahi. Jangan bersedih, yakinlah mereka sedang tersenyum bahagia menyaksikan kalian dari alam sana. Mereka pasti membutuhkan doa kalian selalu. Karenanya, teruslah mendoakan mereka agar selalu diberikan tempat termulia di sisiNYA.

Demikian sambutan Rektor Unifa DR.Mulyadi Hamid dihadapan para hadirin

(Candra Tom) 

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik