Nilai Ekonomis Sektor Perikanan Di Purwakarta Capai Ratusan Milyar Per Bulan


Purwakarta,1 Detik.Info-

Sektor perikanan air tawar di Kabupaten Purwakarta ternyata menyimpan potensi nilai ekonomis yang sangat besar. Perputaran uang di sektor ini mencapai ratusan milyar rupiah per bulannya, atau dalam setahun bisa mencapai angka triliunan rupiah.

Purwakarta sendiri memiliki waduk terbesar di Indonesia yaitu waduk Jatiluhur dan waduk Cirata yang mampu menghasilkan ratusan ribu ton ikan air tawar pertahunnya, kondis ini yang membuat keberhasilan budidaya ikan air tawar di Purwakarta.

"Sektor perikanan air tawar juga melibatkan banyak pelaku usaha, termasuk ribuan petani ikan. Ini potensi yang sangat besar yang harus dioptimalkan dan memberikan nilai tambah bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Diskanak) Purwakarta, Siti Ida Hamidah.

Berdasarkan data Diskanak Purwakarta, nilai ekonomis dari kapasitas produksi ikan air tawar tahun 2023 itu mencapai Rp. 1.982.374.000.000 untuk produksi ikan Kolam Jaring Apung (KJA), Rp. 39.981.040.000 untuk Kolam Air Tenang (KAT) dan Rp. 9.663.370.000 Kolam Arus Deras (KAD).

(Trisna Mukti A)

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik