Mawardi-Harnojoyo Gagal Berpasangan di Pilgub Sumsel, "Matahati" pun Muncul.



Palembang, 1detik.info - Mawardi Yahya adalah sosok pemimpin (aulia) yang luar biasa merakyat panutan dan komplit karier beliau mulai dari 2 periode sebagai Ketua DPRD, 2 periode sengai Bupati, 1 periode sebagai Wakil Gubernur , dengan karakter ramah dan penuh rasa penghormatan.


Namun pasangan Mahar atau Mawardi Yahya-Harnojoyo dikabarkan akan berpisah. Kabar mengenai kandasnya kolaborasi antara keduanya sebelum memasuki fase kampanye semakin menjadi sorotan. Mawardi juga santer disebut sudah mencari pasangan lain untuk dipinang sebagai wakilnya di Pilkada Sumsel.


Indikasi keduanya bakal pisah juga terlihat dari jawaban yang disampaikan tokoh politik sumsel sekaligus Panglima Perang Mahar, Syahrial Oesman. Pertanyaan yang diajukan kepada mantan Gubernur Sumsel 2003-2008 ini dijawab dengan ragu-ragu dan tak lagi meyakinkan seperti jawaban beberapa hari lalu. "Bisa iya bisa tidak (Mahar berpisah). Kita tunggu info selanjutnya," ujar Syahrial saat dikonfirmasi, Rabu (8/5/2024).


Menurutnya, dinamika politik di Sumsel saat ini masih dinamis. Sehingga, duet keduanya bisa saja berubah sewaktu-waktu."Kita masih menunggu dinamika politik yang ada," ungkapnya.


Pasangan yang deklarasi 10 Maret 2024 di Palembang Golf Club (PGC) itu gagal berduet karena Harnojoyo tak mendapat tiket dari Partai Demokrat. Selain itu terlihat saat pengembalian formulir di DPW PAN Sumsel, tidak ada daftar nama Harnojoyo.


Sebagai pengganti Harnojoyo, Syahrial masih belum mau menyebut secara resmi. Namun, dia sudah punya nama bacawagub Sumsel yang dipastikan bakal mendampingi Mawardi di Pilkada Sumsel pada 27 November 2024 nanti. Santer nama pengganti Harnojoyo adalah Ketua DPRD Sumsel Anita Noeringhati.


Jika Mawardi berganti pendamping, nantinya tak ada lagi nama Mahar. Jika Anita yang menjadi pengganti, maka singkatan pasangan ini berkemungkinan menjadi "Matahati" (Mawardi-Anita Noeringhati).


Sementara itu, reaksi dari pihak terkait, baik pasangan MAHAR maupun partai politik yang terlibat, masih dinantikan oleh masyarakat. Klarifikasi dan langkah-langkah yang akan diambil oleh pihak-pihak terkait dapat menjadi penentu arah perjalanan politik di Sumsel ke depan.


Klarifikasi dan langkah-langkah yang diambil oleh pihak terkait menjadi kunci dalam menentukan arah perjalanan politik di Sumsel ke depan. Beberapa orang dekat pasangan MAHAR tak menampik isu kurang sedap ini benar adanya.


Namun sejauh ini dari beberapa orang yang berhasil dihubungi belum berani berkomentar lebih jauh. (Riko)

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik