Inspektorat Kota Prabumulih Panggil Bidan yang diduga MalPraktek berujung meninggalnya pasien.



Prabumulih, 1detik.info - Inspektorat Pemerintah kota Prabumulih memeriksa oknum bidan yang juga merupakan lurah yang viral melakukan dugaan malpraktek terhadap seorang pasien yang berujung meninggal dunia.


Dalam video yang sempat viral di media sosial  tersebut menunjukkan Pada tanggal 23 November 2023 pasien mengeluh sakit maag dan dibawa berobat ke bidan tersebut, Bidan menyarankan untuk dirawat kurang lebih satu minggu tanpa ada cek laboratorium cek CT scan lalu bidan suntikan obat-obatan yang keluarga juga tidak tahu kalau ditanya suntikan obat-obatan itu yang dinyatakannya aman sudah sesuai resep, setelah seminggu dirawat lalu pulang dan sakit makin parah sehingga akhirnya bidan datang lagi ke rumah untuk memberikan suntikan dengan berbagai macam cairan yang banyak sesuai yang ada di video. Selama pengobatan terakhir di bidan tersebut tidak ada perubahan sama sekali malah makin parah akhirnya diputuskan tidak lagi berobat ke bidan tersebut, setelah pasien berobat mandiri ke rumah sakit ternyata ginjal pasien yang sebelumnya sehat mengalami pembengkakan dan divonis harus cuci darah namun setelah pasien cuci darah sebanyak 6 kali, pasien meninggal dunia pada 22 Januari 2024”.


Bidan ZN, juga diketahui menjabat sebagai Lurah di Kecamatan Cambai, Kota Prabumulih, langsung dipanggil oleh Inspektorat Kota Prabumulih. Kepala Inspektorat Kota Prabumulih, Indra Bangsawan mengatakan pihaknya telah menurunkan tim bersama Dinas Kesehatan Kota Prabumulih untuk memastikan kebenaran kabar tersebut.


"Kami diperintahkan oleh Pj Wali Kota Prabumulih untuk mengecek kebenaran berita tersebut. Ternyata Ibu Lurah sedang tidak berada di tempat," ujar Indra Bangsawan, Jum'at (3/5).


Meskipun demikian, lanjut Indra, Lurah tersebut sedang berada di Lahat untuk menuju ke Pagaralam. "Kami kemudian melakukan penjemputan dan memanggilnya ke Inspektorat," terangnya.


Selanjutnya, pihaknya akan melakukan pengecekan dan konfirmasi data berdasarkan berita yang sedang viral.


Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, oknum bidan sekaligus lurah berinisial ZN diperiksa jajaran inspektorat pada Jumat (3/5/2024). Dengan mengenakan baju batik dan rok hitam serta jilbab hitam, ZN mendatangi gedung Inspektorat kota Prabumulih.


Berdasarkan informasi, ZN dijemput tim inspektorat kota Prabumulih saat hendak melakukan kunjungan kerja alias Dinas Luar (DL) ke Kota Pagaralam Provinsi Sumatera Selatan.


"Jadi kebetulan beliau kebetulan para lurah ada agenda di Pagaralam, karena tadi staf kita ada di lahat juga jadi sekalian ikut staf kita. Jadi bukan sengaja dijemput di Pagaralam tapi sekalian," ungkapnya Indra Bangsawan Kepala Inspektorat Kota Prabumulih.


Ditanya hasilnya, Indra Gunawan mengaku belum bisa menyebutkan karena akan melapor terlebih dahulu ke Sekretaris Daerah dan Penjabat (PJ) Walikota Prabumulih.

"Kami belum bisa menginfokan apa-apa, masih harus melaporkan ke pimpinan, jadi kita masih mengumpulkan informasi-informasi pihak yang berkaitan," katanya. (Riko)




0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik