Aktivitas Cut and Fill di Bukit Punggur Kabil Tanpa Pengawasan Pihak Berwenang.

Ket foto : Lokasi pengerukan tanah.


1DETIK.INFO, BATAM - Aktivitas cut and fill dilaporkan tengah berlangsung di daerah Bukit Punggur, dekat dengan lokasi PT Ecogreen Kabil Punggur, Kota Batam, Kepulauan Riau, pada Kamis (02/05/2024).

Tampak Alat berat ekskavator Beko dan puluhan kendaraan truk roda 10 ukuran sekitar 21-30 kubik yakni Dam Truk Pengangkut Tanah Milik PT. Golden Beach Indah Perkasa mengangkut tanah bauksit dari pengerukan bukit di Punggur pada siang dan malam hari. Tanah tersebut kemudian diangkut menuju lokasi Ocarina di area seluas 41 hektar untuk digunakan timbunan  reklamasi laut ocarina.

Aktivitas ini menimbulkan perhatian dari berbagai pihak, terutama terkait dengan Pajak Pendapatan negara khususnya Daerah dan dampak lingkungan yang mungkin akan terjadi.

Selain itu, sejumlah warga sekitar dan pengendara pengguna jalan raya menyebutkan keprihatinan mereka terhadap potensi dampak lingkungan serta dampak sosial dari aktivitas ini, baik dari debu dan tanah yang bercecer di jalan yang menyebabkan jalan licin.

Masyarakat meminta pihak terkait serta pihak berwenang untuk melakukan pemantauan yang ketat dan memastikan bahwa semua proses aktivitas cut and fill di Punggur Kabil dapat dilakukan dengan memperhatikan dampak pada lingkungan dan pengguna jalan.

Untuk diketahui, Pemandangan truk-truk roda 10 tersebut bebas melintas 24 jam mengangkut tanah melintas di Jalan Patimura Punggur melalui Batam Center, melalui Bundaran Madani, menuju kawasan Pasir Putih masuk Ocarina untuk menimbun reklamasi yang biasa mereka sebut ke 41 alias ke 41 hektar. Truk pengangkut tanah lalu lalang 24 jam tanpa penutup terpal pada bak truck, bahkan dengan kecepatan tinggi.


Kami akan terus memantau perkembangan terkait aktivitas ini dan memberikan informasi lebih lanjut, serta memberi informasi orang orang yang terlibat dalam aktivitas cut and fill tersebut seiring dengan berjalannya waktu.


Penulis: Gultom

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik