Sambut Pemudik, 50 Ruas Jalan Rusak di Kuningan diperbaiki


 Sambut Pemudik, 50 Ruas Jalan Rusak di Kuningan Diperbaiki

Kuningan - Sejumlah ruas jalan di Kabupaten Kuningan yang rusak dan berlubang mulai ditambal di pekan kedua bulan Ramadan ini. Cara ini dilakukan dalam rangka persiapan menyambut para perantau yang akan pulang kampung alias mudik jelang Lebaran nanti.

Untuk kenyamanan masyarakat saat menikmati Hari Raya Idul Fitri,Dinas PUTR Kabupaten Kuningan mulai melakukan perbaikan sejumlah ruas jalan yang rusak.
Agar pengerjaan perbaikan jalan tepat waktu , Bidang Bina Marga pada Dinas PUTR mengerahkan sebanyak 4 tim.

Tim ini disebar ke 50 titik ruas jalan Kabupaten yang mendapat perbaikan. Pemerintah daerah memprioritaskan  sarana jalan pada saat Lebaran sudah benar-benar mulus, dan masyarakat nyaman menggunakannya.

Seperti terpantau di Jalan Moh Toha, Desa Kedungarum, Kecamatan Kuningan, sejumlah pekerja melakukan penambalan jalan yang rusak hingga menjadi mulus lagi.
Perlu diketahui, jalan tersebut merupakan jalan kabupaten yang kerap dilintasi bus AKAP maupun AKDP menuju Terminal Ancaran. Sekaligus jalan alternatif bagi pemudik menuju wilayah Kuningan Timur.

"Hari ini kita mulai melakukan  perbaikan jalan yang rusak. Kami membentuk empat tim untuk menyelesaikan perbaikan jalan. Ditargetkan semua ruas jalan kabupaten yang diperbaiki rampung sebelum Hari Raya Idul Fitri tepatnya tanggal 4 April 2024 harus sudah selesai," kata Sub Kor Pemeliharaan Jalan dan Jembatan pada Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kuningan Budi Heryadi,  (2/4/2024).

Budi menambahkan, ada sekitar 50 ruas jalan kabupaten yang menjadi target perbaikan. Lokasinya, kata dia, tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Kuningan seperti ruas Babatan-Kadugede, Caracas-Cibuntu, Padamenak-Japara, Jalan Moh Toha, Mandirancan - Matangaji, Lebaksiuh -Bendungan, Babatan - Kadugede serta ruas jalan lainnya.

"Insya Allah jalan kabupaten yang sudah rusak akan kembali mulus setelah selesai perbaikan. Semua ini untuk kenyamanan masyarakat saat merayakan Lebaran, " ungkap Budi

Adapun jenis perbaikan jalan yang dilakukan, Budi mengatakan, ada dua cara yaitu ACWC atau aspal hotmik permukaan dan juga ada yang Latasir alias Lapis tipis aspal pasir.

"Metode perbaikan jalan disesuaikan berdasarkan kondisi jalan dan tingkat kerusakannya. Bisa hotmix atau Latasir, " ujarnya.
 Budi mengatakan, perbaikan jalan ini dilakukan guna memberikan kenyamanan bagi masyarakat saat merayakan Hari Raya Idul Fitri. Dengan ruas jalan yang mulus, kata Budi, sudah tentu akan membuat pengendara kendaraan baik motor maupun mobil merasa tenang dan aman.

"Apalagi diperkirakan ratusan ribu pemudik akan datang ke Kuningan. Belum lagi pada musim libur Lebaran yang biasanya akan banyak wisatawan datang ke Kuningan. Sehingga untuk kenyamanan perjalanan mudik dan wisata, kita bereskan semua sekarang, " pungkas Budi.


M.  Nasir Nuhung

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik