Penutupan Daurah Qur'an Al-Bina Disambut Meriah Masyarakat Nagari Panti

 

Pasaman,1detik.info-

 - Sumatera Barat Bissmillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Segala Puji bagi Allah SWT atas karunia nikmat yang tiada terkira, semoga setiap nikmat yang bertambah maka bertambah pula kesyukuran dan ketundukan kita kepada Rabb yang menciptakan alam semesta ini. Shalawat dan salam kita sampaikankan kepada Rasulullah SAW sebagai qudwah dan uswah dalam kehidupan ini.

Ustazd Sudarmono, S.Pd.I Alumnus Ma'had An-Nuamy Jakarta Menerangkan dalam ceramahnya bahwa kegiatan Menghafal Al-Quran merupakan amal yang mulia. Selain memiliki banyak keutamaan di akhirat, Allah juga berjanji akan meninggikan derajat para penghafal Al-Qur'an baik didunia maupun diakhirat dibanding dengan hamba-Nya yang lain.

Imam Masjid Nabawi, Syaikh Sa'ad Al Ghamidi memberikan lima tips yang harus diperhatikan bagi penghafal Al-Qur'an , terutama bagi orang yang sama sekali tak bisa berbahasa Arab. Pertama, harus mempunyai tujuan yang jelas, apa tujuan kita menghafal Al-Qur'an . Kedua, harus ada lembaga yang menyelenggarakan program menghafal Al-Qur'an . Lembaga ini berfungsi untuk mengkoordinasi mereka yang ingin menghafal Al-Qur'an agar nantinya tidak patah dan berhenti di tengah jalan. Ketiga, harus ada metode yang digunakan dan tak asal begitu saja. Jika memang ingin sungguh-sungguh, maka mesti ada metode yang dipakai. Metode yang digunakan harus efektif dan bisa digunakan bagi seluruh kalangan. Sebab, kemampuan masing-masing orang dalam menghafal berbeda-beda. Ada yang bisa menghafal satu halaman per hari, namun ada juga yang hanya bisa menghafal satu ayat saja per hari,". Keempat, harus ada mu’allim (guru) yang menjadi rujukan dan mempunyai kemampuan membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar. "Jadi mu’allim harus dilihat juga, apakah bacaannya fasih? Apakah hafalan Al qurannya baik? Apakah dia bisa menjadi qudwah (tauladan) dari kepribadian dan akhlaknya? Dan Kelima, harus ada follow-up (Muroja'ah) setelah menyelesaikan hafalan Al-Qur'an . Jadi, mereka yang telah merampungkan hafalan Al-Qur'an mereka tidak dibiarkan begitu saja. "Bagi sebahagian madrasah Tahfidz Al-Qur'an hanya menfokuskan santrinya bagaimana mencetak para hafiz Quran. Namun yang tak kalah pentingnya, apa yang akan mereka lakukan setelah mereka menjadi hafiz Quran.

Wali Nagari Panti Andi menutup kegiatan Daurah Qur'an Al-Bina dan halaman Al-Bina jumat (29/03/2024).

Atas nama Pemerintah Nagari Panti menyampaikan ucapan terima kasih kepada Yayasan Bina Ummat Pasaman yang sedang dan terus untuk menumbuhkan para penghapal Qur'an.


Wali Nagari Panti mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas peran yang telah dilakukan oleh Yayasan dalam mendidik anak-anak kabupaten Pasaman khususnya anak-anak nagari Panti dalam kegiatan menghafal Qur'an.

Maka dari itu Andi menghimbau kepada masyarakat Panti khusunya kepada Ayah Bunda (Orang tua) yang anaknya punya niat menjadi penghapal Al-Qur'an bisa di sekolahkan di Al-Bina Pasaman.

"Insyaallah dengan dukungan dan doa ayah bundanya mudah-mudahan anak-anak kita dengan dibimbing oleh ustad ustadzah ini mereka bisa mecapai cita-citanya untuk mempersembahkan mahkota kemuliaan untuk para orang tuanya," katanya.

Dalam kegiatan dauroh kali ini peserta yang ikut ada 60 orang anak dari berbagai kampung di nagari Panti.

Salah satu program YAYASAN BINA UMMAT PASAMAN semenjak berdiri tahun 2017 kata ketua Yayasan Ibu Romasito Siregar, S.IQ, S.Ag yang diwakili sambutannya oleh Bapak Karmi Batubara, S.Pd selalu berusaha mengisi Ramadhan dengan berbagai kegiatan yang sering kita sebut dengan Program Amaliyah Ramadhan, sedikit demi sedikit YAYASAN BINA UMMAT PASAMAN membuat strategi syi'ar di Pasaman tepatnya di kampung Sorik Jr. Sentosa Kec. Panti, dengan tujuan ingin mengambil bagian dari pintu kebaikan, memberikan informasi ilmu pengetahuan buat anak2 usia dini, remaja, anak muda, ibu2 rumah tangga, dimana ini semua saling berkaitan dalam membentuk generasi masa depan yang cerdas dan ber akhlakul karimah. Dalam hal ini yayasan punya 'azam ambil bagian dengan tujuan semoga kelak generasi muda islam menjadi pemimpin yang berkarakter islami dan punya pengetahuan luas dan berahlak yang mulia.
Di bulan Ramadhan 1445 H ini, kami tetap mengisi dengan mengadakan acara DAUROH seperti biasanya Syi'ar Ramadhan Al-Bina, dengan Tema
*Sambut Ramadhan Dengan Semangat Iman & Ilmu Untuk Meraih Derajat Taqwa*

Salah satu bentuk kegiatan yang dicanangkan dan Alhamdulillah sudah terlaksana dengan baik dan bahagia, adalah; Dauroh Qur'an selama 10 hari, Ifthor Jama'i untuk 400 orang, Santunan Anak Yatim untuk 15 anak, Bingkisan Guru Dauroh 11 guru dan Penyerahan bantuan Pemandian Jenazah dan keranda kepada DKM Masjid Misbah Kp. Sorik.

Dengan izin Allah SWT Salah satu misi Yayasan Bina Ummat Pasaman adalah mampu melahirkan generasi Quran yang mampu menghafal dan berperilaku Qurani, menjadi cahaya yang berjalan ditengah ummat sebagai pelopor pembangunan negeri menuju Negara yang baldatun thaibatun wa rabbun ghafur.

Sebagai penutup kegiatan dauroh Yayasan Bina Ummat Pasaman mengadakan Buka bersama dengan seluruh Masyarakat kampung Sorik dan masyarakat sekitarnya dengan mengundang unsur PEMDA Nagari, KUA, Camat, Babinsa, Linmas, tokoh masyarakat, para pengurus masjid di Nagari Panti dll sehingga membuat acara penutupan daurah Qur'an tambah semarak.

Ucapan terima kasih disampaikan kepada para pantia, Ustadzah Ummi Salamah, SHI, Ustadzah Andria (Icha) Al Hafidzah, S.AQ, Ustadzah Yudi Adtya Sari, S.Th.I dll yang telah berusaha dengan segenap tenaga dan pikirannya untuk mensukseskan program amaliyah ramadhan tahun ini, semoga menjadi catatan amal kebaikan.

Jurnalis (Abdi Novirta)

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik