Mantan Narapidana Berbagi Pengalaman Selama Proses dimobil Tahanan.

Ket foto : Ilustrasi pengawalan pada mobil tahanan.

1DETIK.INFO, Batam - Seorang mantan narapidana yang akrab disapa Torus, yang memiliki pengalaman lebih dari satu kali menjadi warga binaan, berbagi pengalaman selama proses dimobil tahanan kepada awak media, Rabu (10/04/2024).


Saat diminta untuk berbicara tentang kemungkinan melarikan diri dari mobil tahanan, Torus menyatakan bahwa untuk berhasil melarikan diri dari situasi tersebut, seseorang harus memiliki kekuatan luar biasa seperti karakter 'Hulk' dalam film fantasi, atau harus memiliki 'Orang Dalam'.


"Untuk bisa kabur dari mobil tahanan, seseorang harus menjadi seperti 'Hulk' agar bisa membengkokkan besi jerajak yang melapisi kaca mobil. Selain itu, di dalam mobil tahanan juga ada pengawal, biasanya dua orang dengan senjata laras panjang, dan ada ruang pemisah antara tahanan dan pengawal.


"Dalam pengalaman saya, kami yang berada di dalam mobil tahanan diborgol, dan jika kita main-main dengan borgol, kita akan ditegur atau bahkan dipukul oleh pengawal," ungkap Torus.


Torus menambahkan, "Jerajak yang melapisi kaca mobil tahanan itu terbuat dari besi yang sangat kuat, sehingga sangat tidak mungkin untuk membengkokkannya dengan tangan. Selama saya berada di dalam mobil tahanan, kami selalu diawasi oleh dua anggota Brimob yang bersenjata laras panjang. Oleh karena itu, menurut saya, kemungkinan untuk melarikan diri dari mobil tahanan sangat minim, kecuali seseorang memiliki kekuatan luar biasa seperti 'Hulk'. Namun, saya tidak tahu bagaimana tahanan bisa berhasil kabur kemarin, mungkin ada faktor lain yang memungkinkannya."Ucapnya.


Diketahui Berman Sianipar merupakan seorang tahanan Kejaksaan Negeri Batam yang berhasil kabur dari mobil tahanan pada Rabu, 3 April 2024 lalu masih belum berhasil ditangkap hingga saat ini. Berman Sianipar, yang ditahan dalam kasus pencurian kompresor oleh Polsek Batam Kota beberapa waktu lalu, telah diserahkan bersama berkas perkara dan barang bukti kepada Kejari Batam.


Dalam insiden tersebut, petugas membawa Berman Sianipar menggunakan mobil tahanan menuju Rumah Tahanan (Rutan) Batam. Namun, ketika berada di lampu merah Simpang Panbill Mall, Berman Sianipar berhasil merusak pintu mobil tahanan Kejaksaan dan melarikan diri ke hutan Duriangkang dengan posisi masih mengenakan baju tahanan dan tangan terborgol.


Saat berita ini diterbitkan, awak media masih meminta keterangan perkembangan kasus ini kepada Kasi Humas Polresta, Tigor Sidabariba Belum ada tanggapan, sementara Kasi Intel Kejari Batam, Andreas Tarigan, melalui pesan singkat WhatsApp mengungkapkan Bahwa Tahanan Masih dalan Pencaharian.


"Kita doakan sama Sama Bang Agar tahanan cepat ditemukan ,"Balasnya melalui pesan Whatsapp saat dikonfirmasi awak media ini.



[Gultom]

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik