Asisten III Setda Oku Selatan Hadiri Penilaian Verifikasi Lapangan Apresiasi

 



Muaradua,1detik.info-

Asisten Bidang Administrasi Umum Setda  Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Drs. Herman Azedi, S.KM., M.M., menghadiri Kunjungan Tim Penilai Verifikasi Lapangan Apresiasi Kelompok BKB terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2024, di Aula Kantor Camat Tiga Dihaji, Rabu (24/04/2024). 


Dikatakannya bahwa kegiatan ini adalah upaya meningkatkan pengetahuan tentang keluarga terkait pengasuhan anak balita, BKB di Kecamatan Tiga Dihaji sudah dari dulu terbentuk dan masih tetap eksis sampai sekarang menjalakan program-program binaan desa BKB di Kecamatan Tiga Dihaji khususnya.


"Terimakasih kepada tim penilai, yang telah hadir, dalam menilai program kerja kader-kader BKB dalam pembinaan anak balita dan sasarannya adalah orangtua yang diberikan pengetahuan dan ilmu dalam membentuk keder-kader dalam membina keluarga yang baik," ujarnya. 


Ketua Tim Penilai, Pratama Putri, S.IP,. M.Pd., dalam sambutannya mengapresiasi para Kader BKB yang telah melaksanakan program BKB di Kecamatan Tiga Dihaji ini.


Bina Keluarga Balita (BKB) adalah kegiatan yang khusus mengelola tentang pembinaan tumbuh kembang anak melalui pola asuh yang benar berdasarkan kelompok umur, yang dilaksanakan oleh sejumlah kader. Dikembangkannya kelompok tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan orang tua dalam pengasuhan anak balita, melihat dari tujuan kelompok kegiatan itu dapat juga dijadikan sebagai media mencegah stunting. Kader BKB adalah anggota masyarakat yang bekerja secara sukarela dalam membina dan menyuluh orang tua balita tentang bagaimana mengasuh anak secara baik dan benar. Kami Tim verifikasi berharap dan mohon dukungan dari Pemerintah OKU Selatan agar dapat memberikan perhatian di kelompok BKB di OKU Selatan. 


Putri berpesan dengan adanya penilaian program BKB tersebut agar dapat meningkatkan motivasi untuk menularkan, melaksanakan kegiatan BKB dengan lebih baik lagi dan menjadi inspirasi di kader-kader BKB di Desa yang lain di Kabupaten OKU Selatan khususnya.


Ia menilai, secara keseluruhan pelaksanaan Bina Keluarga Balita sudah cukup baik dan seandainya nanti menjadi pemenang setelah verifikasi lapangan ini tentunya akan menjadi wakil Provinsi Sumatera Selatan melaju Lomba BKB Tingkat Nasional untuk tahun 2024.


Mewakili Kepala Dinas PPPAPPKB, Sekretaris Zaleha, SKM.,MM dalam laporan mengatakan dalam kunjungan Tim Penilai Verifikasi Lapangan Apresiasi Kelompok BKB terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2024 di Kabupaten OKU Selatan. 


Dasar Kegiatan, surat Kepala perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan, perihal pemberitahuan lomba BKB terbaik tingkat Provinsi Sumatera Selatan. Surat kepada perwakilan BKKBN Sumatera Selatan, perihal pengumuman nominasi 3 terbaik apresiasi kelompok BKB terbaik tingkat provinsi Sumatera Selatan tahun 2024. Surat kepada perwakilan BKKBN Sumatera Selatan, perihal permohonan fasilitasi kegiatan permohonan fasilitasi kegiatan verifikasi lapangan apresiasi kelompok BKB terbaik tingkat provinsi Sumatera Selatan tahun 2024. 


Kegiatan ini memiliki tujuan memberikan apresiasi kelompok BKB (Bina Keluarga Balita Holistik Integratif), khususnya para Kader. "Kegiatan ini diharapkan menjadi motivasi dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan membina timbuh kembang balita melalui rangsangan fisik, motorik, kecerdasan, sosial, emosional serta modal yang berlangsung dalam proses interaksi antara ibu dan anggota keluarga. Melalui program BKB yang dilaksanakan ini, kami berharap membina tumbuh kembang balita yang baik, juga hendaknya bisa berperan dalam upaya pencegahan stunting di Kabupaten OKU Selatan, " ujarnya.


Selanjutnya tim Verifikasi Lomba BKB Tingkat Provinsi Sumatera Selatan  Tahun 2024 melaksanakan penilaian lapangan dengan obyek Administrasi BKB, Posyandu, dan PAUD, serta meninjau inovasi Bina Keluarga Balita.


Turut hadir pada kesempatan ini Kepala Bapperida, Kadinkes, Kadisdik, Kadin Kominfo, Kabag Prokopim, Forkopimcam, Kades setempat, Kader BKB. Sekretaris PKK Kabupaten OKU Selatan



(Awaludin)

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik