Ada Apa, di Duga BUMDes Tellumpoccoe Pengurus Lepas Tangan Kredit Macet

Maros (Sulsel),1Detik.Info-  Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Tellumpoccoe masuk kategori tidak sehat. Operasionalnya macet dan pengelola tidak mampu mengembangkan sektor usahanya. Desa  Tellumpoccoe Kecamatan Marusu Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. 

Kepala Desa Tellumpoccoe saat di hubungi lewat whatsapp mengatakan BPD Tellumpoccoe, mengadakan rapat setelah shalat jumat," tuturnya. Jumat, 19/3/2024.

Tapi sebelum itu, Hasil temuan tim media 1Detik.Info  BUMDes Macet sejak lama, pengelola BUMDes tidak bertanggung jawab dan membiarkan kredit macet. Ada lebih 100 juta Uang tersendat di ATM BUMDes.
Pada saat Tim Media klarifikasi,  Tim meminta Laporan dana BUMDes ke Kepala Desa Tellumpoccoe dan Sekertaris BUMDes, tetapi mereka berusaha tidak memperlihatkan alasan tidak ada. 

Dari data yang kita dapat, yang mengambil Dana BUMDes sampai macet yaitu Ada beberapa Dusun, mantan Kepala Desa, dan masyarakat lainnya yang layak Perekonomiannya. 

Sebelumnya, Pelapor (Mantan BPD) sepakat dengan Kepala desa Tellumpoccoe, H.Danial bahwa Setelah lebaran Idhul Fitri, mereka akan memanggil Para pengurus, Pelapor dan  tim media yang mengawal ini kasus. 

Akan tetapi, Pertemuan hari Jumat Menurut Info Kepala Desa, H. Danial (19/4/2024) adalah pertemuan tertutup, mereka sepakat BUMDes akan berjalan kembali dan akan di adakan pertemuan nanti yaitu pembentukan pengurus baru. Tuturnya.

Dapat kita simpulkan, BPD dan kepala desa di duga tidak mampu mengembalikan dana BUMDes yang macet dan membiarkan pengurus lama tanpa pertanggungjawaban dan melakukan pembiaran. Selain itu, mereka tidak menempati janji dengan pelapor.

Inspektorat Kabupaten Maros  perlu memeriksa Kepala Desa  Tellumpoccoe Kecamatan Marusu Kabupaten Maros, Terkait Dana Bumdes Macet dan  perlu juga Pemerintah,  Baik anggota DPR, Kepolisian, Kejaksaan, BPK, KPK bersama-sama melakukan Audit Dana Desa. (*)

1 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik