Setelah Amsakar Unggul di LSLI, Hasil Survei Tandingan Pilwako Batam Muncul.

Ket foto : Lembaga Survey Liberte Institute (LSLI) merilis hasil survei yang menunjukkan Amsakar Achmad unggul.


1DETIK.INFO
, Batam - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2024 segera dilaksanakan. Berdasarkan tahapan pilkada yang tersebar, Pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah akan dilaksanakan pada akhir Agustus 2024.

Pilkada Kota Batam atau yang dikenal sebagai Pilwako Batam sudah memasuki fase memanas, Kamis (28/03/2024).

Hal tersebut terjadi setelah Lembaga Survey Liberte Institute (LSLI) merilis hasil survei yang menunjukkan Amsakar Achmad unggul dalam persaingan untuk Bakal Calon Walikota Batam.

Setelah LSLI mengadakan konferensi pers terkait hasil surveinya, pada hari yang sama muncul hasil survei tandingan di mana Amsakar Achmad berada pada posisi kedua.

Namun sayangnya, hasil survei tandingan tersebut hanya berupa diagram 1 lembar dan tidak terlampir dengan jelas terkait detailnya.

Berbeda dengan survei tandingan, LSLI merilis hasil surveinya dalam bentuk pdf sebanyak 71 halaman dan juga mengadakan konferensi pers terbuka yang dihadiri oleh puluhan awak media.

Dalam konferensi pers tersebut, Direktur Eksekutif LSLI DR. (Chand) Indrayadi, M.Si juga menyampaikan secara terbuka terkait hasil survei yang telah dilakukan dan memberikan kesempatan luas kepada seluruh awak media yang hadir untuk mengajukan pertanyaan.

Sebelumnya, Lembaga Survey, Konsultan Politik, dan Kebijakan Publik, Liberte Institute melakukan survei calon Walikota dan Wakil Walikota Kota Batam yang dilaksanakan pada 16 hingga 25 Maret 2024 lalu.

Survei tersebut dilakukan oleh Liberte Institute meliputi 12 kecamatan yang ada di seluruh Kota Batam.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Eksekutif Liberte Institute DR. (Chand) Indrayadi, M.Si dalam keterangan kepada media, di Hotel Sahid Batam Centre, Kota Batam, Selasa (26/03/2024) silam.

Indrayadi menjelaskan bahwa survei yang dilakukan meliputi 12 kecamatan yang ada di Kota Batam dengan hasil sebagai berikut:

(berikut adalah hasil survei berdasarkan kecamatan)

Menurut Indrayadi, metode survei yang dilakukan Liberte Institute menggunakan metode Multistage Random Sampling dengan jumlah 1204 responden dengan margin error 2,8% dan tingkat kepercayaan hingga 97%.

Ia menjelaskan, elektabilitas dua calon Wali Kota Batam, Amsakar Ahmad unggul 59,8% dibandingkan dengan Marlin Agustina 32,9%, dengan tidak menjawab sebesar 7,3%.

Sedangkan untuk calon Wakil Wali Kota Batam, Irwansyah unggul 43% dibandingkan dengan Jefridin Hamid 11,5%, dengan tidak menjawab sebesar 45,4%.

“Jika kedua calon berpasangan, maka Amsakar Achmad-Irwansyah unggul 59,1% dibandingkan Marlin Agustina-Jefridin Hamid sebesar 29,1%, dengan tidak menjawab sebesar 11,8%,” pungkas Indrayadi. (***)

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik