Senin Kliwon Bulan Rewah, Warga Gelar Kegiatan Adat Dan Budaya Ngarewahkeun


CILACAP,1Detik.info -

 Senin Kliwon, beberapa lokasi Tempat Pemakaman Umum ramai dikunjungi warga masyarakat setempat maupun dari luar Desa, dimana makam keluarga, orang tua maupun leluhur mereka disemayamkan, pagi ini mereka melaksanakan kegiatan adat dan budaya yang biasa menyebutnya Ngarewahken yang sudah biasa dilakukan pada bulan rewah. Senin, 04/03-2024

Menurut Ceceng Rusmana menyampaikan pada hari ini Senin Kliwon warga Dayeuhluhur mengadakan kegiatan adat dan budaya yaitu kegiatan Ngarewahken, dimana dilakukan menjelang bulan Puasa di makam leluhur atau keluarga yang ada dilingkungan masing -  masing.

"Kegiatan ini biasa dilakukan di areal pemakaman umum, dan pada hari ini di wilayah Desa Datar dilaksanakan di pemakaman Sukawera dan pemakaman Pakuhaji". Ujarnya

Sebelum diadakan kegiatan ini masyarakat terlebih dahulu membersihkan area pemakaman pada hari sebelumnya dan pada pagi hari diadakan doa bersama lalu dilanjutkan sedekah dengan membawa bekal makanan maupun minuman dari rumah masing masing tandasnya.


Kegiatan seperti ini sudah  dilakukan dan merupakan warisan adat, tradisi dan budaya dari para leluhur terdahulu, sehingga sampai sekarang masih tetap dijalankan dan pada hari ini bukan hanya di Desa Datar saja namun juga di Desa Cijeruk dan Desa Cilumping.

Kepala Dusun Serang Nanto mengucapkan terima kasih kepada semua warga masyarakat yang hadir, dimana masih memegang dan menjalankan kegiatan ini hingga sekarang dan telah selesai dilakukan ucapnya.

"Selain baik untuk masing masing warga juga sebagai sarana untuk mendoakan para leluhur secara bersama sama serta berbagi rejeki dengan saling memberikan atau  menawarkan makanan yang dibawa oleh masing masing warga". Terangnya


Kami mengharapkan kegiatan seperti ini tetap ada dan lestari sebagai bagian dari adat budaya warisan para leluhur supaya tidak punah tutupnya.(Sis)



  

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik