Proyek Senilai Rp22,8 Milliar BBWS-SO Molor dan Diduga Tak Sesuai Spek

 


Gunungkidul,1detik.info-      

 - Proyek Peningkatan Penyediaan Air Baku Sungai Bawah Tanah Ngobaran di Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, senilai Rp22,8 miliar pengerjaannya molor tidak tepat waktu dan diduga dikerjakan asal-asalan dan tak sesuai spek.

Beberapa LSM di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta berancang-ancang melaporkan para pihak yang terkait proyek ini ke aparat penegak hukum (APH).

Informasi yang digali di lapangan, Proyek Peningkatan Penyediaan Air Baku Sungai Bawah Tanah Ngobaran, di Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak pada Satker SNVT Pelaksanaan jaringan pemanfaatan air Serayu Opak selaku pengguna anggaran telah memilih PT Tirta Restu Ayunda yang menyisihkan sekian rekanan yang ikut lelang.

Hasil penelusuran di lapangan pada hari kamis 14 Maret 2024 di lokasi proyek untuk pekerjaan masih belum selesai 100% seharusnya belum bisa serah terima pertama,serta ada beberapa temuan yang diduga tidak sesuai spek dan kontrak kerja. 

Kondisi itu PPK hanya tenang-tenang saja dan pihak PT Tirta Restu Ayunda belum kunjung melakukan penyelesaian atau perbaikan.

Sejumlah temuan itu adalah ; Pekerjaan yang sudah lewat tahun Anggaran yang belum terselesaikan 100% dikerjakan, padahal disyaratkan dalam kontrak dan gambar spek. 

Kemudian, Ompak penyangga Jaringan pipa Galvanized Iron (GI) tidak di finishing serta banyak yang rusak namun dibiarkan begitu saja.

Bahkan sambungan pipa besi GI pun terlihat tidak di beri ring, hanya dilas saja serta hasil akhir pengelasan sudah ada yang berkarat/korosi.

Yang lebih fatal lagi pompa air belum terpasang serta untuk jaringan listrik buat kebutuhan pompa belum siap.

"Ada banyak lagi analisa ketidak sesuaian pekerjaan seperti dalam gambar," ujar sumber media ini.

Menurut Saidi warga sekitar, dia sering bolak balik mencari rumput di sekitar lokasi proyek,sampai hari ini airnya masih belum mengalir Mas, jadi tidak bisa dimanfaatkan warga sekitar,Jadi terkesan kaya proyek mangkrak," ujarnya.

Dikonfirmasi di kantor BBWS SO dari 19 Februari 2024 sampai berita ini tayang dari pihak BBWS SO , belum memberikan jawaban dan terkesan alergi untuk menyampaikan informasi data lapangan itu.

Pekerjaan Proyek Peningkatan Penyediaan Air Baku Sungai Bawah Tanah Ngobaran tahun anggaran 2023 tersebut sudah selesai masa kontraknya dan sekarang massa pemeliharaan akan tetapi dikerjakan diduga tidak sesuai aturan.

Sekadar diketahui, paket pekerjaan TA 2023-APBN ini dikerjakan PT Tirta Restu Ayunda, yang berkantor di Jalan Sido sermo PDK V-A No 21 Surabaya, dengan nilai kontrak Rp22.800.000.000,00.

dengan Waktu pelaksanaan 111 Hari Kalender Dimulai dari 11 September 2023 dan Harusnya Serah terima pertama 20 Desember 2023 akan tetapi sampai berita ini tayang pekerjaan belum 100% selesai.

Reporter (Ragil)

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik