Keseruan Ngobeng Ikan Dalam Kolam, Tradisi Munggahan Jelang Bulan Ramadhan Di Desa Tambaksari

 







CILACAP,1detik.info -

 Menyongsong Bulan Ramadhan ribuan warga ikuti "Munggahan", sebuah tradisi yang biasa bagi umat muslim, namun kali ini berbeda dari biasanya dimana Munggahan diisi dengan "Ngobeng Ikan" atau menangkap ikan dengan tangan kosong yang berlokasi di area SMK Gagas Dusun Tambleg Desa Tambaksari Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap Jawa Tengah. Sabtu, (09/03- 2024)

Sejumlah 3,5 kwintal ikan dimasukan ke kolam ikan Blok Gagayunan yang berada di komplek SMK Gagas Dusun Tambleg oleh panitia dengan berbagai jenis ikan seperti ikan bawal, lele, mujair,  tawes, tambak dan ikan mas untuk diperebutkan oleh semua peserta yang mengikutinya dan warga yang hadir dari empat Kecamatan yakni Kecamatan Dayeuhluhur, Wanareja, Majenang dan Kecamatan Cimanggu.

Kegiatan ini terbilang unik dan seru bagi siapapun yang mengikutinya juga membuat gembira bagi warga yang melihat maupun mendapatkan ikan, karena sangat berbeda dengan ngambil ikan pakai jala sedangkan disini tidak boleh memakai jala ataupun alat bantu penangkap ikan lainnya. Khusus hanya memakai tangan kosong serta masyarakat menyebutnya dengan sebutan "Ngobeng" dan tentunya ini sangat seru bagaimana mereka berebut untuk mendapatkan ikan.


Rismanto Peserta ngobeng ikan dari Desa Tambaksari menyampaikan saya mendapatkan ikan hasil dari Ngobeng seberat 6 kilogram,


memang sangat sulit menangkap ikan tidak memakai alat bantu apapun ujarnya.

"Ikan yang baru naik didapatkan oleh masyarakat hanya ikan tawes, bawal, dan mujair sedangkan untuk ikan lele sangat sulit sekali". Tandasnya

Munggahan kali ini memang sangat beda dari biasanya dan kami ucapkan terima kasih kepada ibu Elis yang telah mengadakan acara seperti ini terangnya.

Sementara Elis Siti Soelistyaningsih, SH, S.Pd, MHum selaku penyelenggara dan anggota DPRD Cilacap terpilih tahun 2024 menjelaskan pada hari ini memang kami menggelar suatu kegiatan tradisi menjelang Ramadhan, dari situ saya mencoba berbagi kebahagiaan dengan masyarakat untuk acara Munggahan dengan Ngobeng Ikan di kolam komplek SMK Gagas ucapnya.

Harapannya kita dalam menjelang bulan Ramadhan itu betul-betul siap lahir dan batin penuh suka cita dan penuh rasa syukur kepada Allah SWT atas segala Rahmat yang dilimpahkan kepada kita semuanya.

Selain itu kami mengucapkan terima kasih untuk Dulur-Dulur Kuring atas segala doa, dukungan didalam berjuang untuk keberhasilan kita bersama tuturnya.



Kami berpesan kepada dulur-dulur Kuring, kita tetap kompak saling menguatkan saling mendoakan dan insyaallah kita akan tetap berjuang bersama pungkasnya.(Sis)

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik