Hujan deras di Luwu Utara, puluhan Rumah Terendam banjir

 


Sulawesiselatan,1detik.info-

Intensitas hujan yang cukup deras hingga  Banjir  menerjang wilayah Kecamatan Bone-bone, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Bencana itu mengakibatkan puluhan rumah warga di terjang banjir hingga dipenuhi lumpur.


Peristiwa tersebut terjadi di Dusun Mariri, Desa Banyurip, Kecamatan Bone-Bone, Luwu Utara, Senin 25/3/2024 sekitar pukul 20.00 Wita, Banjir bandang dipicu meluapnya Sungai Bone-bone.


"Semalam, banjir dengan hujan deras air masuk pemukiman warga," kata salah seorang warga, Jalisman kepada media, Selasa (26/3/2024).


Jalisman mengungkapkan debit air yang deras  menerjang pemukiman warga dengan ketinggian sekitar 1 meter. Kondisi tersebut membuat warga sempat panik dan lari mengungsi.


"Ketinggiannya 1 meter, itu airnya deras sekali warga sempat lari ke ketinggian karena takut jangan sampai terjadi lagi banjir bandang parah" ungkapnya.


Menurut Jalisman, ada dua wilayah yang terdampak banjir bandang, yakni Desa Banyurip dan Desa Bantimurung Kecamatan Bone-bone,puluhan  rumah yang terendam banjir.


"Yang terparah itu di Banyurip sama Bantimurung. Saya tidak tahu pasti, tapi ada puluhan rumah terdampak, sudah mulai surut airnya," kata Jalisman


Menyikapi hal ini, Muhlis Mukhtar Kepala BPBD Luwu utara mengatakan, Intensitas curah hujan yang tinggi membuat sungai meluap.


"Kemarin memang, hujan terjadi di Luwu Utara itu mulai pukul 16.00 Wita sampai 22.00 Wita. Jadi sungai tidak bisa menampung tingginya volume air jadi meluap," kata Muhlis.


Muhlis menambahkan, tidak ada korban jiwa atas peristiwa tersebut. Namun kata dia, banjir yang membawa lumpur membuat rumah warga dipenuhi lumpur.


Penulis : Candratom

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik