Hijaukan Gunung Gundul Dengan 4000 Batang Tanaman Buah, Menuju Wisata Petik Buah Di Desa Palugon


Cilacap, 1Detik.info -

    Lahan seluas 10 hektare di Gunung Gundul  yang terletak diwilayah Dusun Cibahu dan Dusun Cibeunying Desa Palugon Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap kini mulai nampak hijau kembali oleh tanaman buah buahan selain ada juga tanaman lainnya, dimana pada hari ini dilaksanakan penanaman oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Direktorat Jenderal Pengelolaan Das dan Pengelolaan Hutan Melalui Balai Pengelola Daerah Aliran Sungai Cimanuk dan Citanduy dengan Kelompok Tani Hegar Buana Desa Palugon. Adapun untuk jenis tanaman yang ditanam yakni Durian, Petai, Manggis dan Alpukat sejumlah 4000 batang masing masing item 1000 batang. 

Dalam kesempatan tersebut juga hadir langsung untuk melaksanakan penanaman pohon yakni Camat, Kapolsek, Danramil, Penyuluh Kehutanan, Kepala Desa, Kelompok Tani dan Warga Masyarakat setempat. Jumat, (01/03-2024)

Ponco selaku Penyuluh Kehutanan Kecamatan Wanareja menyampaikan pada hari ini melaksanakan kegiatan penanaman batang tanaman buah buahan di wilayah Gunung Gundul yang berada diwilayah Dusun Cibahu dan Dusun Cibeunying, yang alhamdulilah kita bekerja sama dengan Kelompok Tani Hegar Buana didalam Usaha Pelestarian Sumber Daya Alam (UPSA) diwilayah Desa tersebut ucapnya.

Dijelaskan Ponco 4000 batang tanaman dengan empat jenis yakni manggis, durian, petai dan alpukat sudah ditanam oleh para petani setempat serta langsung penanaman secara simbolis oleh Forkompincam, Kepala Desa, Penyuluh Kehutanan maupun Kelompok Tani.

"Semoga kegiatan ini ada manfaat dampak positif  bagi warga masyarakat untuk penting nya penghijauan di lahan gunung gundul dan dapat mencegah terjadinya erosi maupun bencana alam lainnya". Terangnya


Selain itu diharapkan 5 sampai 6 tahun kedepan bisa menjadi wisata taman buah dengan memetik sendiri dan ini tentunya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat terutama para petani maupun pekebun tandasnya.

Ruswandi Ketua Kelompok Tani Hegar Buana menambahkan ini memang sangat baik sekali bagi kami para petani, dengan adanya penanaman pohon pada hari ini akan berdampak positif untuk petani lebih semangat dalam mengelola hutan maupun kebun untuk lebih baik lagi kedepannya ucapnya.

Kita akan terus komunikasi kan dengan penyuluh kehutanan terkait apa yang terbaik dalam menanam maupun mengelolanya agar semakin meningkat, secara nilai tambah maupun penghasilan pungkasnya.


(Sis)



0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik