Dugaan Praktik Curang di Pelabuhan ASDP Telaga Punggur, Kota Batam Kini menjadi Perbincangan Hangat.

Ket foto : Sejumlah truck Pengangkut barang sedang parkir Berjejer tidak jauh dari pelabuhan ASDP Telaga Punggur kota Batam Diduga Menunggu arahan dan jadwal keberangkatan.

1DETIK.INFO, BATAM - Pelabuhan ASDP Telaga Punggur, Kota Batam Semakin menjadi bahan Perbincangan dikalangan masyarakat pada Sabtu (23/03/2024) perihal adanya indikasi serius dugaan praktik yang mencurigakan terkait pemeriksaan kendaraan pengangkut barang yang akan menyeberang keluar wilayah Kota Batam.

Dugaan adanya keterlibatan oknum oknum Bea Cukai Batam yang bertugas di pelabuhan Roro ASDP Telaga Punggur Kota Batam dengan sejumlah pengusaha truck pengangkutan Barang barang Menjadi Sorotan Dikalangan masyarakat hal itu Bermula Saat Petugas Bea cukai tidak Melakukan pemeriksaan Barang pada Kendaraan pengangkut namun hanya melakukan penempelan Label Bea cukai.

Dari hasil pengamatan langsung di lapangan, tampak oknum Bea Cukai Batam yang berjaga di pos ASDP pelabuhan Telaga Punggur diduga melakukan pembiaran kendaraan pengangkut barang memasuki area parkir keberangkatan kapal tanpa melalui proses pemeriksaan barang yang ketat.

Petugas Bea cukai yang berjaga di pos pelabuhan Roro ASDP Punggur masih terlihat belum menjalankan pemeriksaan yang teliti sesuai SOP terhadap kendaraan barang, sehingga meninggalkan celah yang berpotensi dimanfaatkan untuk penyelundupan barang-barang ilegal dan barang kena pajak keluar dari wilayah Kota Batam.

Menurut masyarakat dan juga Pemerhati Kota Batam yang tidak ingin dipublikasi, mengatakan bahwa pada titik pelabuhan Roro ASDP Telaga Punggur telah mendengar dan dimuat di berbagai media terkait kegiatan yang ada di pelabuhan tersebut.

"Dugaan saya, ada kemungkinan 'perjanjian rahasia' antara pengusaha dan oknum Bea Cukai yang berjaga di pelabuhan ASDP Telaga Punggur itu," ujarnya.

"Harus diungkap siapa-siapa yang bermain di sana, karena ini bisa menimbulkan keprihatinan masyarakat Kota Batam akan kinerja Bea Cukai yang berdampak semakin bebasnya peredaran barang ilegal dan barang kena pajak keluar masuk disana," tambahnya.

"Dengan pemberitaan terkait situasi ini, Kepala Kantor KPUBC Tipe B Batam diminta untuk segera mengambil tindakan tegas terhadap kepala Pos Bea Cukai beserta anggota yang bertugas di pelabuhan Roro ASDP Telaga Punggur, Kota Batam-Kepri, yang diduga terlibat dalam praktik-praktik yang Mencurigakan ini dan adanya dugaan pelanggaran ketidaksesuaian standar operasional prosedur (S.O.P) dalam pemeriksaan barang yang keluar dari wilayah Kota Batam-Kepri," pungkasnya.

Hingga Berita Ini di muat Awak media masih Berupaya untuk menemui dan meminta tanggapan Langsung Kepada Kepala Kantor Bea cukai tipe B saat ini yakni Bapak Rizal.


(GULTOM)

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik