Dihadiri Pj. Gubernur, Umat Hindu di Jawa Barat Rasakan Hari Suci Nyepi 2024 yang Spesial



Bandung. 1detik.info- 

Pj. Gubernur Jawa Barat yaitu Bey Triadi Machmudi menghadiri acara Penyerahan Bantuan 100 Paket Sembako dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat untuk Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Jawa Barat. Kegiatan berlangsung hari ini 16 Maret 2024 bertempat di wantilan Pura Agung Wira Lokha Nata Cimahi.

Kegiatan tersebut digelar dalam rangkaian Umat Hindu merayakan Hari Suci Nyepi tahun  Saka 1946/2024. Hari Suci Nyepi bertepatan dengan hari Senin lalu (11 Maret 2024). Rangkaian Perayaan Nyepi Tahun 2024 mengusung tema “Sat Cit Ananda untuk Indonesia Jaya”.

Tema yang bermakna mewujudkan nilai-nilai kebijakan dasar dari Dharma Agama dan Dharma Negara sebagai filosofi dalam menjadikan upaya-upaya atau tindakan-tindakan secara riil. Tidak hanya sebatas tataran konsep. Akan tetapi bakti kepada agama dan negara dapat diterapkan  bagi ketenteraman dan kesejahteraan seluruh umat.

Ida Sulinggih kebanggaan Umat Hindu hadir membersamai Umat di Jawa Barat. (16/03/2024)

Kegiatan  diawali dengan doa syahdu yang dibawakan oleh Dharma Upapati PHDI Jawa Barat yaitu Ida Pedanda Gde Sebali Waisnawa Mahardika dari Gria Jatiwarna Kota Bekasi.

Dalam kegiatan tersebut, Pj. Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudi mengucapkan “Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1946”. Pj Gubernur juga mencurahkan perhatian yang tulus kepada umat Hindu dengan menyerahkan tambahan 150 paket sembako melalui PHDI Provinsi Jawa Barat.

Bey mengungkapkan bahwa perayaan Nyepi Umat Hindu kali ini bertepatan dengan Bulan Ramadhan bagi Umat Islam. Momentum yang sangat berharga untuk merenungkan nilai-nilai penting dalam kehidupan beragama, sosial dan kemanusiaan.

"Saya mengajak masyarakat Jawa Barat untuk terus merawat kerukunan dan keharmonisan. Mari jadikan Jabar sebagai contoh nyata dari keberhasilan kerukunan dan harmoni antar umat beragama", ajak Bey.

Lebih dari 100 Umat Hindu yang hadir di wantilan Pura Agung Wira Lokha Nata mengikuti acara dengan tertib. Saat diwawancarai oleh wartawan 1detik.info, seorang peserta yang bernama Ngurah mengatakan sangat mengapresiasi adanya perhatian dari berbagai pihak. Menurutnya ini sebagai bentuk moderasi kehidupan beragama.

Ketua PHDI Kota Bekasi yaitu Letkol Purn I Gusti Made Rudhita ikut hadir dan menyambut Kepala BNPB Pusat yang diwakili Brigjen TNI Lukmansyah. Jawa Barat. (16/03/2024).

“Saya selaku Umat Hindu di Jawa Barat sangat berkesan dan mengapresiasi adanya kegiatan ini. Spesial bagi saya, karena selain bentuk perhatian dari pemerintah khususnya Bapak Pj. Gubernur, adanya kegiatan ini juga sebagai wujud implementasi kehidupan yang menjunjung tinggi toleransi beragama, bermasyarakat, dan bernegara sesuai nilai-nilai luhur Pancasila”, ujar Ngurah.

Selain Pj. Gubernur, turut hadir dan memberikan sambutan dalam acara ini yaitu Kepala BNPB Pusat yang diwakili Brigjen TNI Lukmansyah,  Ketua PHDI Provinsi Jawa Barat (Brigjen TNI Purn. I Made Riawan), serta Ketua Umum Pengurus Harian PHDI Pusat (Mayjen TNI Purn. Wisnu Bawa Tenaya).

Ketua PH PHDI Pusat yaitu Mayjen TNI Purn. Wisnu Bawa Tenaya mendampingi Brigjen TNI Lukmansyah dari BNPB Pusat. Jawa Barat. (16/03/2024).

Kegiatan ini menjadi semakin berkesan bagi umat Hindu di Jawa Barat karena dihadiri pula oleh para sulinggih kebanggaan beserta pendampingnya. Beliau adalah Ida Pedanda Gde Sebali Waisnawa Mahardika, Ida Pedanda Gede Putra Dharma Arsa, Ida Pedanda Gede Putra Pasuruan Watulumbang, dan Pandita Mpu Manik Mas Baskara Jaya Nanda.

Berbagai lembaga keumatan juga turut berpartisipasi dalam kegiatan ini, diantaranya adalah WHDI Jabar, Prajaniti Jabar, PSN Jabar beserta anggota PSN se-Bandung Raya, DPD Peradah Jabar, PD KMHDI Jabar, Ketua Wasudana se-Bandung Raya, serta Pengurus dan warga Banjar Bandung Barat.

Tampak pula hadir tokoh-tokoh umat Hindu yaitu Ketua Prajaniti Jawa Barat (Prof. Dr. Apt. I Ketut Adnyana), Ketua PHDI Kota Bekasi (Letkol Purn. I Gusti Made Rudhita), serta Wakil Ketua X Bidang Hubungan Antar Lembaga dan komunikasi Publik PHDI Kota Bekasi yaitu I Gusti Ngurah S. Parwata.

(Dewa)


0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik