Buser polresta barelang berhasil tangkap pelaku kurir narkoba Malaysia 2,9 kilogram

 



Batam,1detik.info-

Satresnarkoba Polresta Barelang menangkap seorang kurir sabu berinisial RMD (25) di Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa, Batam, Kepulauan Riau (Kepri). Selain pelaku, barang bukti sabu senilai Rp 4,4 miliar turut disita petugas.'


"Satresnarkoba menangkap seorang kurir sabu berinisial RMD. Pelaku diamankan di dekat Pelabuhan Nongsapura Kelurahan Sambau, Nongsa pada Kamis (7/3)," kata Kapolresta Barelang, Kombes Nugroho Tri Nuryanto, Rabu (27/3/2024).


 pelaku satu BP (DPO)


Pengungkapan ini berawal dari laporan masyarakat ke pihak kepolisian. Kemudian, polisi menindaklanjuti informasi tersebut dan menangkap pelaku berinisial RMD bersama barang bukti sabu.


Anggota menerima informasi bahwa akan adanya transaksi narkoba di Kelurahan Sambau, Nongsa. Tim melakukan pengecekan dan menyergap pelaku dan menyita tiga bungkus jenis sabu sabu dengan berat 2,9 kilogram," 


Hasil pemeriksaan polisi kepada RMD diketahui bahwa, pelaku baru saja menjemput sabu tersebut dari seorang tekong kapal cepat. Sebelum berhasil mengantar sabu tersebut ke pemesan pelaku sudah diamankan.


Pelaku RMD ini menjemput sabu tersebut atas perintah pelaku satu BP (DPO). Kemudian pelaku RMD menjemput sabu tersebut dari A (DPO). Inisial A ini merupakan orang yang menjemput barang narkoba jenis sabu sabu dari negara Sebarang Malaysia, atau tekong kapal kata RMD saat di tanya polisi


Pelaku RMD kepada polisi mengaku dijanjikan upah sebesar Rp 15 juta oleh pelaku BP. Namun RMD baru menerima upah uang sebesar Rp 1 juta.


"Pelaku RMD ini dijanjikan upah uang Rp 15 juta paling besar Namun baru menerima uang upah Rp 1 juta. Sisanya akan dibayarkan setelah pelaku berhasil mengantarkan barang sabu tersebut. Pengakuan pelaku baru sekali kata nya RMD kepada polisi 


Nugroho menyebut dari pengungkapan tersebut berhasil menyelamatkan 29.450 jiwa dengan asumsi 1 gram dikonsumsi 10 orang. Sabu tersebut jika beredar di lapangan diketahui bisa senilai Rp 4,4 miliar.


"Asumsinya bahwa 1 gram sabu bisa dikonsumsi oleh 10 orang maka berhasil diselamatkan 29.450. nilai barang tersebut jika beredar di masyarakat bisa mencapai Rp 4,4 miliar," ujarnya.


Atas perbuatannya pelaku RMD dijerat dengan undang-undang tentang Narkotika. Pelaku terancam pidana penjara pidana paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun atau hukuman mati/pidana penjara seumur hidup..'


(kik)

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik