Dinas Koperasi Dan UMKM Kab.Sukabumi, Gelar Diklat Anggota Baru Koperasi

Sukabumi,1Detik.info-

Bidang Diklat dan Pemberdayaan Koperasi, Dinas Koperasi dan UMKM, Kabupaten Sukabumi, menggelar Pendidikan dan Pelatihan bagi anggota baru Koperasi dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sukabumi, yang di selenggarakan di aula serbaguna Hotel Augusta jl. Raya Cikukulu No.72, Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi. Senin (04/03/24).


Kegiatan tersebut merupakan salah satu Program kegiatan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Sukabumi, yang merupakan Program kegiatan Peningkatan Kualitas dan Kapasitas SDM Koperasi, hal tersebut diungkap Kepala Bidang Diklat dan Pemberdayaan Koperasi, Elis Siti Aisah, SE, M.Ec.Dev, dalam sesi wawancaranya pada awak media.



"Ya ini merupakan Program kegiatan Peningkatan Kualitas dan Kapasitas SDM Koperasi, yang pesertanya pun, melibatkan pengurus, pengawas dan juga anggota koperasi yang terdiri 30 orang peserta, dan koperasinya juga baru terbentuk dari tahun 2023", terangnya.


Kemudian dengan digelarnya kegiatan tersebut Lebih lanjut Kepala Bidang Diklat dan Pemberdayaan koperasi, Dinas Koperasi dan UMKM, Kabupaten Sukabumi, berharap dalam jangka pendek peserta bisa mengerti hak dan kewajiban dalam membentuk koperasi dan menjalankan program koperasi kedepannya.



"ya tentang hak dan kewajiban jadi jangan hanya membentuk koperasi kemudian bingung mau berbuat apa, jadi harapannya mereka mengerti hak dan kewajibannya, kemudian apa yang harus dikerjakan, di tahun depan 2024-2025 dan mereka bisa melaksanakan rapat anggota tahunan".ungkapnya.


Sementara itu untuk program kedepan Koperasi dari segi permodalan dan pemasaran produk lebih lanjut Kepala Bidang Diklat dan Pemberdayaan koperasi Dinas Koperasi dan UMKM, Kabupaten Sukabumi, Elis Siti Aisah, SE, M.Ec.Dev, menerangkan bahwa pembiayaan koperasi dapat di fasilitasi diantaranya dari APBD.


"kami itu ada pemberdayaan, maksudnya jadi nanti kami fasilitasi untuk pembiayaan itu diantaranya kalau koperasi bisa dengan APBD kemudian mempertemu dengan obsteker gitu, terus fasilitasi pemasaran produk kita akan memfasilitasi untuk mana bisa masuk ke e'katalog di pengadaan", terangnya.


Sementara itu masih dilokasi yang sama, Wiwin pengelola koperasi konsumen Puskesmas Pabuaran Asri, Kecamatan Pabuaran tidak lupa mengucapkan terimakasihnya kepada Dinas Koperasi dan UMKM, Kabupaten Sukabumi atas di undangnya dalam Bintek tersebut dan tidak lupa mengutarakan manfaat yang diterima dalam kegiatan tersebut.


"Alhamdulilah menurut saya manfaat dalam mengikuti giat Pendidikan dan Pelatihan ini,

yang pertama mendapatkan pencerahan baru tentang koperasi, dalam penyusunan laporan, perencanaan, dan seperti apa Tata kelolanya,

soalnya dalam hal ini saya bisa di bilang awam dalam bidang Koperasi, dengan adanya bimbingan tadi alhamdulilah bagi saya mungkin lebih memberikan informasi lebih lanjut tentang koperasi itu sendiri seperti apa", pungkasnya.






0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik