Budidaya Ikan Air Tawar, Potensi Yang Terus Dikembangkan Oleh Koperasi Produsen DAKU


CILACAP,1Detik - 

Dusun Ciupas Desa Madusari Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap adalah salah satu kabupaten yang memiliki potensi untuk budidaya ikan air tawar. Pengembangan kolam ikan air tawar menjadi salah satu upaya meningkatkan perekonomian masyarakat pedesaan terutama wilayah Desa Madusari. Upaya tersebut dilakukan kelompok masyarakat yang tergabung dalam Koperasi Produsen DAKU (Duta Amanah Karya Usaha) yang terus berinovasi dalam mengembangkan potensi perikanan khususnya ikan air tawar.

Memelihara ikan air tawar sudah menjadi bagian dari kebiasaan masyarakat diwilayah pedesaan, namun mereka dalam satu kolam mencampur berbagai jenis ikan dalam dengan perawatan yang tidak maksimal, sehingga hasil yang diperoleh tidak bisa dijadikan tambahan penghasilan untuk menopang kebutuhan keluarga, melainkan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan dikalangan sendiri.

Senin, 26-02-2024

Koperasi Produsen DAKU (Duta Amanah Karya Usaha) adalah koperasi Produsen yang telah merintis usaha dan salah satunya di bidang Perikanan terutama kolam ikan air tawar di wilayah Desa Madusari Kecamatan Wanareja.

Afud Syaifuddin selaku Ketua Koperasi Produsen DAKU mengatakan di Desa kami bahwa selama ini dengan berlimpahnya sumberdaya air tawar belum optimal digunakan untuk salah satu basis keunggulan produk ikan air tawar.


"Masyarakat Desa Kami dari dahulu hingga sekarang memelihara ikan di kolam hal biasa, namun umumnya digunakan apabila ikan dipanen ketika ada acara acara khusus seperti lebaran, hajatan ataupun syukuran dan acara pesta pernikahan". Kata Afud

Afud menegaskan bahwa pasokan ikan air tawar ke beberapa pasar sebenarnya kurang dan memerlukan pasokan yang lebih besar lagi dan ini merupakan peluang bagi kita semua untuk bekerja dan meningkatkan perekonomian, ditambah lagi, beberapa komoditas ikan yang cocok diterapkan di kabupaten Cilacap dengan metode kolam tanah yakni Ikan Mas, Ikan Gurami dan Ikan Nila juga ikan lele karena tanah dan pasokan air juga cukup memenuhi kebutuhan kolam seperti yang kini telah kita jalankan.

Sebenarnya masyarakat Desa kami tidak asing dengan kolam ikan, namun selama ini kendala utama adalah biaya yang sangat besar dalam  pembuatan kolam tanah untuk pengelolaan lanjutan budidaya ikannya ujar Afud.

"Bisa jadi kemajuan perikanan air tawar secara kuantitatif dan kualitas di Kecamatan Wanareja akan terjadi dan dapat dirasakan beberapa tahun kedepan. Mendorong dan membina masyarakat, supaya tertarik maupun berminat untuk budidaya ikan air tawar". Terangnya

Selain ikan Lele, Gurame dan Mujair, Koperasi Produsen kita pun sedang mengembangkan budidaya Belut yang kini sudah beberapa bulan dilaksanakan dan tinggal menunggu hasilnya.

Sektor pertanian yang kita garap seperti dengan menanam seperti bawang merah, timun dan juga kebun Durian yang semuanya telah mulai dirintis agar dapat berkembang serta menciptakan peluang usaha berbagai sektor di masyarakat terutama diwilayah Desa Madusari pungkasnya.


Penulis: Beni Siswanto

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik