Abon Kelapa Terekel Ensha 01 Komoditi Unggulan Koperasi Duta Amanah Karya Usaha


CILACAP,1detik -

 Koperasi yang sangat identik dengan simpan pinjam, namun koperasi yang satu ini beda dari yang lain dengan nama Koperasi Produsen Duta Amanah Karya Usaha (DAKU). Koperasi Nasional  yang beralamat di Dusun Ciupas Desa Madusari Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap, bergerak di bidang usaha dengan menciptakan berbagai karya usaha nyata di lingkungan masyarakat dengan memberdayakan potensi  di wilayah pedesaan dan kini jadi produk unggulan Koperasi Produsen Duta Amanah Karya Usaha yakni Abon Kelapa Terekel Ensha 01 dengan bahan dasar dari Kelapa.

Koperasi Produsen Duta Amanah Karya Usaha  bermitra dengan pelaku usaha kecil dan menengah diwilayah Desa setempat maupun diluar Desa Madusari. Banyak sekali usaha usaha yang telah dikembangkan dari pertanian, perikanan, dan perdagangan. Senin (26/02-2024)



Ketua Koperasi Produsen Duta Amanah Karya Usaha (DAKU) Afud Syaifuddin mengatakan Koperasi Produsen Duta Amanah Karya Usaha ini berdiri pada tanggal 1 Maret 2022  diawali pada saat kita mengadakan acara kumpul-kumpul semacam reunian dengan teman - teman, di situ kami menyatukan ide maupun pemikiran yang sama untuk membuka usaha tapi yang tentunya ada manfaat bagi lingkungan disekitar kita ucapnya. 

Lebih lanjut dikatakan Afud Syaifuddin berangkat dari obrolan ringan timbullah keinginan mendirikan sebuah Koperasi dan Koperasi yang kita pilih adalah Koperasi Produsen dengan nama "Koperasi Produsen Duta Amanah Karya Usaha" yang tentu kita bergerak sebagai koperasi fokus dalam bidang usaha.

Pokok usaha dari Koperasi Produsen Duta Amanah Karya Usaha ini adalah produk dari kelapa yakni Abon Kelapa Terekel Ensha 01, dimana memang di wilayah kami  tersedia banyak sekali bahan baku kelapa, selain itu kami juga bisa membantu membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat Dusun Ciupas Desa Madusari Kecamatan Wanareja tuturnya.

Usaha yang dirintis selain Abon Kelapa Terekel Ensha 01, kami juga  mendirikan lagi beberapa usaha di bidang yang lain seperti Gudang Kelapa, Perikanan, Budidaya Belut, Pertanian, Penggilingan Padi, Kerajinan Sapu Ijuk, Warung Sembako Daku, Warung pancing "Cuan", dan Kebun Durian "Kaduqu", kami berupaya mengembangkan maupun meningkatkan peluang usaha yang seluasnya bagi warga masyarakat terangnya.

Karena memang dari awalnya kita itu ingin membantu masyarakat bagaimana mereka punya pekerjaan, punya usaha sendiri untuk ke depan dengan harapan koperasi produsen dapat bermanfaat bagi warga masyarakat terutama yang ada di wilayah Desa Madusari dan sesuai dengan moto kami, yakni orang yang lebih baik itu adalah orang yang bermanfaat untuk banyak umat, semoga dengan Koperasi Produsen Duta Amanah Karya Usaha bisa menjadi jalan untuk memberikan lapangan usaha, lapangan pekerjaan bagi warga  masyarakat sekitar kita, dan sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Madusari khususnya  bahkan sampai tingkat nasional pungkasnya. 


Penulis : Beni Siswanto

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik