Ritual Sakral Caru Nawa Gempang Desa Adat Bali Agung Diguyur Hujan Lebat


 Lampung Selatan -1detik.online


Ritual pecaruan nawa gempang dihadiri oleh seluruh umat hindu yang ada didesa bali agung kecamatan palas kabupaten lampung selatan ( sabtu 25 november 2023 )


Masyarakat umat hindu yang ada di desa bali agung sangat antusias untuk mengikuti prosesi ritual pecaruan nawa gempang yang di lasanakan di lingkungan pure puseh kerte buana desa bali agung,terlihat dari anak anak sampai orang tua hadir diacara tersebut serta di iringi dengan tarian topeng sidekarye.

Dalam ritual pecaruan nawa gempang dihadiri langsung oleh Ida pandita mpu Agra Dwijananda dan istri dari bumi Banten jawa   barat sebagai pemuput sekaligus memimpin ritual nawa    gempang di desa adat bali agung.


Tawur nawa gempang merupakan tawur yang cukup besar untuk menyeimbangkan alam agar berkesinambungan,karna sebelumnya ada kematian kematian yang terjadi karna salah pati sehingga perlu diadakan ritual caru nawa gempang.


Ditengah guyuran hujan lebat ritual tetap berjalan dengan dilakukanya penglukatan tirta kepada seluruh masyarakat yanghadir,satu persatu masyarakat mendapatkan tirta dan juga benang tridatu serta nasi taur sebagai tanda bahwa sudah digelarnya ritual caru nawa gempang.

Dengan penuh semangat dan perhatian panitia upacara nawa gempang memberikan pelayanan kepada umat yang hadir, ditengah guyuran hujan upacara persembahyangn tetap berjalan dengan hikmad dan khusuk karna hujan merupakan anugrah dari yang maha kuasa,di akhir acara semua umat yang hadir mendapatkan makan siang bersama yang di siapkan oleh panitia.


(Wyn)

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik