Ribuan Santri Ikuti Upacara Hari Santri Nasional 2023 Di Lapangan Desa Bumi Daya


 Lampung Selatan -1detik.online 


Ribuan santri memadati lapangan desa bumi daya kecamatan palas kabupaten lampung selatan  minggu 22 oktober 2023


Dalam rangka memperingati hari santri nasional,mustasyar PWNU Lampung H.RM. Soleh Bajuri menjadi pembina upacara di alun- alun desa bumi daya 

dalam arahannya, Rois PWNU Lampung RM. Soleh Bajuri,menyampaikan amanat Kementrian Agama RI, Presiden Joko Widodo melalui keputusan Presiden nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober 2015 sebagai Hari Santri.


“Penetapan 22 Oktober sebagai Hari Santri merujuk tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajibanmu berjihad demi mempertahankan Kemerdekaan Indonesia. Untuk Tahun 2023 ini peringatan Hari Santri mengangkat tema” Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan,” ungkapnya.


“Maksud tema ini adalah bahwa santri dalam kesejahteraannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara,” sambung Soleh Bajuri. 


Meski bisa jadi apa saja, sebutnya, santri tidak melupakan tugas utamanya, yaitu menjaga agama itu sendiri. Santri selalu mengedepankan nilai-nilai agama dalam setiap perilakunya. Bagi santri, agama adalah mata air yang selalu mengalirkan inspirasi-inspirasi untuk menjaga dan menjunjung tinggi martabat kemanusiaan


Kemudian, menjaga martabat kemanusiaan atau hifdzunnafs adalah satu tujuan yang diturunkan agama di muka bumi (maqashid al-syariah)


“Peringatan Hari santri bukanlah milik santri semata. Hari santri milik kita semua, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air. Milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan. Karena dengan ini saya mengajak semua masyarakat Indonesia, apapun latar belakangnya, untuk turut serta ikut merayakan hari santri,” tutur Rois orang nomor Satu Di Provinsi Lampung. 


Ia berharap melalui momen ini mari bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama dikalangan para ulama, kiai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama.


Seusai Upacara H. RM Soleh Bajuri melepas Kontingen  Kirab Santri  yang mana diketahui Dalam Kirab Santri Diikuti dari beberapa elemen NU dan Sayap NU kecamatan Palas  di mulai Start Dari Alun-alun Bumi daya  dan Finish Di Alun- Alun Palas Aji.

Sementara M. Sutikno Ms. SPdi , ketua Tanfidziyah MWC NU Kecamatan Palas bahwa arti tema siaga jiwa dan raga adalah sebagai warga nahdatul ulama harus siap dan rela berkorban untuk membela negara kesatuan republik Indonesia, mempertahankan ideologi Pancasila dan yang terpenting menurutnya adalah menjaga ajaran Islam ahli Sunnah waljamaah ala nahdiyah terus terjaga dan lestari demi anak cucu kelak.

Ditambahkan Sutikno,ketua Tanfidziyah MWC NU Kecamatan Palas bahwa dalam rangka memperingati hari santri nasional pihaknya juga menggelar berbagai kegiatan baik sebelum dan sesudah hari santri digelar. 


"Alhamdulillah, acara peringatan hari santri tahun 2023 berjalan lancar dan sukses. Begitu juga berbagai kegiatan baik yang sudah maupun belum. Semoga semuanya diberi kemudahan dan kelancaran."ucap Sutikno, ketua Tanfidziah MWC NU Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan.


Tampak di barisan tamu undangan dalam apel hari santri nasional ibu-ibu muslimat, Fatayat dan terlihat Camat Palas Ns Rosalina M. Kep, Kapolsek Andi Yunara SH.MH., kepala Desa Bumi Daya, kepala Desa Bumi Restu, kepala Desa Tanjung Sari, Dan Kepala Desa Palas aji,pimpinan LDII palas,kepala KUA,para pimpinan pondok danTPQ serta para santri.


Seusai upacara para santri bergerak menuju Alun-Alun desa palas Aji dengan mengendarai kendaraan roda empat dan roda dua secara beriringan yang mana para santri tersebut di lepas oleh H.RM Soleh Bajuri,camat serta kapolsek palas.

Ditengah terik sinar mata hari semangat para santri tetap terjaga untuk mengikuti undian dorfraes  yang di sediakan oleh panitia,pada kesempatan yang sama media 1detik.online berkesempatan mewawancarai ketua panitia Sobari beliau mengatakan

"Alhamdullilah kegiatan hari santri nasional 2023 ini berjalan lancar dan aman walau peserta diluar dugaan prediksi panitia,karna prediksi panitia peserta sekitar 3000 ternyata yang  hadir kurang lebih 5000 semoga dengan semangat hari santri nasional ini dapat membangun semangat belajar para santri demi mewujudkan generasi muda yang cerdas dan berahlak mulia" tuturnya.

(Wyn)

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik