Jangan Ada Kekerasan Dalam Kontestasi Pemilu Atau Kekerasan Dijadikan Instrumen Rasional Berkompetisi


Jakarta, 1Detik. Online- 

Ketua KPU Hasyim Asy'ari hadir sebagai narasumber Talkshow Program Polri Presisi dengan tema “Polri Gelar Operasi Mantap Brata Untuk Pengamanan Pemilu 2024" yang digelar secara langsung di TV One, Jakarta, Selasa (12/9/2023).


Pada kesempatan ini, Hasyim menyampaikan rangkaian pemilu yang sudah berjalan, tahapan yang sedang berlangsung, serta hal-hal apa saja yang tercantum dalam peraturan KPU yang mengatur pemilu dapat berjalan aman dan damai.


Hasyim juga menjelaskan upaya yang dilakukan KPU untuk mengedukasi masyarakat agar tidak percaya terhadap hoaks, hingga pentingnya peran masyarakat dalam menyukseskan Pemilu 2024.


Hasyim menyampaikan bahwa pemilu, pilkada itu adalah arena konflik yang dianggap sah dan legal untuk meraih kekuasaan  atau mempertahankan kekuasaan. Disebut konflik karena faktanya terjadi kompetisi pada masing masing peserta pemilu dan  calon dalam memperebutkan suara untuk dikonversi menjadi kursi atau dihitung menjadi calon terpilih.


“Konflik dalam kontestasi  pemilu jangan sampai memunculkan kekerasan atau kekerasan dijadikan instrumen rasional sebagai alat untuk berkompetisi , ini yang harus dihindari bersama sama .  PUU Pemilu juga sudah menentukan larangan menggunakan instrumen kekerasan,  baik kekerasan fisik maupun kekerasan verbal, sehingga dalam konteks kepemiluan sejak tahun 2004, 2009, 2014, dan 2019 boleh dikatakan tidak ada kekerasan fisik,” kata Hasyim.


Sementara Karodalops Sops Polri Brigjen. Pol. Dr. H. Endi Sutendi menyampaikan bahwa konsep pengamanan Pemilu 2024 memiliki keterpaduannya dengan pihak terkait, seperti Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Barsarnas), Badan Penanggulangan Bencana Daerah  (BPBD) untuk mengantisipasi apabila ada iklim yang kurang bersahabat, dan kondisinya kondusif tidak ada bencana.


“Semoga Pemilu 2024 itu bisa dilaksanakan sesuai dengan harapan dan timeline waktu yang sudah ditentukan,” tutup Hasyim


Turut hadir narasumber lainnya, Karodalops Sops Polri Brigjen. Pol. Dr. H. Endi Sutendi, S.I.K. S.H., M.H. dan Anggota Bawaslu RI Dr. Herwyn J.H. Malonda, M.PD. (humas kpu)

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik